IBL

Komunitas desainer sepatu Indonesia, Footwear Forum ID, menginisiasi proyek kolaborasi antara Brodo dan Sepatokimin. Tema yang diambil adalah “Simpul”. Misi sosial ada di balik proyek ini karena mereka ingin mengangkat kepercayaan diri para pekerja mantan pengidap penyakit Kusta.

Proses produksi sepenuhnya dilakukan oleh pengrajin Indonesia. Bahan atasnya menggunakan material kanvas eco-print yang dibuat oleh warga Desa Liposos di Singkawang, Kalimantan Barat. Seluruh proses pembuatan menggunakan bahan ramah lingkungan dan meminimalisasi limbah produksi sebanyak mungkin.

Proyek ini sekaligus memperkenalkan sebuah gerakan yang dinamai Sepatokimin. Sepatokimin adalah inisiasi gerakan sosial pemberdayaan warga eks-kusta di Desa Liposos, Pakunam, Singkawang, Kalimantan Barat. Melalui gerakan ini warga eks-kusta diajak agar bisa berdaya dengan menghasilkan karya yang punya nilai tambah.

Karya-karya berupa bahan eco print, dan merchandise olahan lainnya dijual dan hasilnya dikembalikan kepada warga. Salah satunya adalah Pak Tokimin, seorang teknisi prostetik di RS Kusta Alverno yang berhasil dibiayai untuk belajar membuat sepatu di Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI). Harapannya, Beliau dapat terus berkarya melalui Bengkel Tangkas dan menyebarkan keahliannya pada teman sejawat, bahkan saat kebutuhan prostetik sedang kosong.

Pembelian dilaksanakan lewat sistem Pre-Order. Calon pelanggan bisa memilih sepatu Vantage Sepatokimin versi kerah rendah seharga Rp 450.000. Sementara versi kerah tinggi berharga Rp475.000. Penjelasan lebih detil tentang produk ini dapat disimak lewat situs resmi Brodo.

Brodo boleh jadi adalah sepatu lokal yang sukses membangun lini bisnisnya dalam kurun satu dekade ke belakang. Mengawali perjalanan sebagai penyedia sepatu formal dan boot, kini merek yang digawangi dua orang pengusaha muda itu merambah lini kasual dengan membuat sepatu bersol karet (sneaker) juga pernak-pernik gaya hidup laki-laki. Koneksinya dengan Footwear Forum membawa kedua belah pihak dalam proyek kolaborasi sosial ini.

Footwear Forum merupakan komunitas desainer sepatu Indonesia. Anggotanya cukup banyak dan sudah bekerja di merek-merek ternama di dunia. Yarsep Hanedi (adidas) dan Raka Gemma (Puma) adalah dua dari potret sukses anggotanya.

Foto: Brodo

Komentar