IBL

Banyak sekali penggemar NBA yang berharap NBA 2019-2020 yang ditunda karena pandemi virus corona segera dimulai kembali. Berbagai usulan pun dikeluarkan agar liga bisa kembali hadir ke hadapan masyarakat. Mulai dari pertandingan tanpa penonton, main di tempat yang suhunya lebih panas seperti Las Vegas, atau bahkan Bahama, hingga yang terbaru usulan bermain di kapal pesiar yang terdengar konyol tapi masuk akal.

NBA melalui komsiaris mereka, Adam Silver pun terbuka untuk semua saran. Berulang kali dalam pernyatannya, Silver mengungkapkan bahwa ia masih mempertimbangkan semua usulan dan peluang yang ada untuk kembali melanjutkan NBA. Keinginan seluruh tim NBA untuk tetap menutup musim ini dengan kehadiran juara membuat hal semua kemungkinan terus terbuka.

Pun begitu, faktor utama yang terus diperhatikan Silver dan NBA adalah keselamatan dan kesehatan semua pihak. Mengenai hal ini, Presiden Toronto Raptors, Masai Ujiri, pun angkat suara. Kepada The Athletic, Ujiri mendaku bahwa meski ia ingin musim 2019-2020 diselamatkan, ia juga harus patuh atas anjuran badan kesehatan dunia, WHO, mengenai pandemi ini.

“Saya berharap musim ini bisa diselamatkan dan saya rasa ini adalah harapan kita semua. Kita semua cinta permainan ini dan kita sangat mencintai apa yang kita lakukan. Namun,  untuk sekarang, cara terbaik menyelamatkan NBA adalah dengan mengikuti anjuran WHO dan melakukannya sebagai sebuah kesatuan, bersama, dan tangguh dengan berbagai cara yang mungkin kita lakukan,” ujar Ujiri.

“Ini bukan tentang NBA, pemain NBA, penggemar NBA, ini tentang keselamatan dunia. Ini bencana yang menyerang seluruh dunia secara global. Ini bukan gempa bumi yang hanya menyerang satu area tertentu, atau tsunami dan berbagai bencana alam lainnya (maafkan saya menyebut bencana-bencana tersebut.”

“Virus ini mempengaruhi seluruh dunia. Kita bisa merencanakan NBA kembali kapan saja yang kita inginkan, kita bisa punya berbagai rencana untuk masa depan. Namun, dengan bencana ini mempengaruhi dunia, jika kita tidak mengikuti aturan dan anjuran yang sudah diberikan, maka nantinya akan ada efek samping yang menghantui. Itu akan jauh lebih berbahaya,” tutupnya.

Ujiri adalah salah satu pihak yang mungkin sangat dirugikan dengan penundaan ini. Raptors adalah juara musim lalu dan ini adalah kesempatan mereka untuk mempertahankan gelar juara sekaligus mencetak sejarah baru tidak hanya untuk organisasi melainkan juga untuk Kanada. Di sisi lain, Raptors sendiri menunjukkan performa luar biasa meski ditinggal bintang mereka, Kawhi Leonard, di jeda musim panas lalu. Anak-anak asuh Nick Nurse duduk di peringkat dua klasemen sementara Wilayah Timur dengan 46 kali menang dan 18 kali kalah. Sebuah catatan yang tidak diprediksi banyak pihak seiring kehilangan pemain kunci sekelas Leonard. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar