IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta menjawab rasa penasaran mereka dari Pelita Jaya Bakrie. Satria Muda sebelumnya pernah kalah 63-80 di pertemuan pertama (6 Februari 2020). Kali ini, Satria Muda menang 88-68 atas Pelita Jaya di DBL Arena, Surabaya, Minggu, 8 Maret 2020. Kemenangan tersebut membuat Satria Muda tetap ada di peringkat empat klasemen sementara IBL 2020.

Pemain inti Satria Muda bermain baik di gim ini. Empat dari lima pemain inti mencetak poin digit ganda. Mereka adalah Gary Jacobs (19 poin, 9 rebound, 8 asis, dan 2 steal), Elijah Foster (15 poin), M. Sandy Ibrahim Aziz (12 poin), dan Rivaldo Pangesthio (11 poin). Sedangkan di kubu Pelita Jaya, Dior Lowhorn mengoleksi dobel-dobel (20 poin dan 12 rebound), dan poin terbanyak disumbangkan oleh Kevin Bridgewaters dengan torehan 24 poin.

Satria Muda melaju 11-1 di tiga menit awal. Keunggulan tersebut tetap dijaga hingga kuarter pertama berakhir. Satria Muda tetap memimpin 26-18. Jarak terdekat Pelita Jaya adalah sembilan poin di kuarter kedua. Itu terjadi setelah Kevin Bridgewaters menambahkan tiga poin lewat three point play. Skor 47-38 untuk keunggulan Satria Muda menutup kuarter kedua.

Di kuarter ketiga, terjadi jual beli serangan yang sengit. Satria Muda unggul 23-20 di kuarter ini, sehingga mereka bisa tetap memimpin laga dengan skor 70-58. Hingga akhir pertandingan, Pelita Jaya tidak mampu mendekati Satria Muda.

Dari catatan statistik, Satria Muda unggul di akurasi tembakan. Mereka mencetak 26 tembakan dari 65 percobaan (52 persen). Sementara itu, di area kunci, Satria Muda juga unggul 46-32. Satria Muda juga memanfaatkan 17 turnover Pelita Jaya menjadi 17 poin. Faktor yang penting lainnya adalah tripoin. Meski jumlahnya tidak banyak, delapan tripoin dari 18 percobaan, namun dilakukan di saat yang penting. Ini bisa merusak momentum kebangkitan Pelita Jaya.

Kemenangan tersebut membuat Satria Muda tetap di peringkat keempat klasemen sementara IBL 2020, dengan rekor pertandingan 9-4. Di bawahnya ada Louvre Surabaya dan Pacific Caesar Surabaya. Sedangkan Pelita Jaya kini turun peringkat di posisi ketiga. Mereka berada di bawah Indonesia Patriots dan Pelita Jaya. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar