IBL

Dalam rangka menyambut libur panjang hari Natal dan menyambut tahun baru 2020, DBL Academy tak ingin berdiam diri. Agar liburan menjadi produktif, DBL Academy mengadakan sebuah pemusatan latihan yang diberi tajuk “DBL Academy Holiday Camp.”

Membuka pendaftaran sejak minggu lalu, DBL Academy Holiday Camp digelar pada 27-29 Desember 2019. Semua kegiatan akan dilaksanakan di DBL Academy Pakuwon Mall, Surabaya. Meski seluruh kegiatan dipusatkan di Surabaya, peserta DBL Academy Holiday Camp datang dari berbagai penjuru Indonesia. Peserta dari Bandung, Jakarta, Denpasar, Yogyakarta, bahkan Banjarmasin masuk dalam daftar.

Secara keseluruhan, terdapat 56 peserta baik putra atau putri yang hadir di hari pertama DBL Academy Holiday Camp. Mereka semua memiliki rentan usia 10-17 tahun. Seperti biasa, hal pertama yang dilakukan oleh para peserta adalah menjalani pengukuran tubuh. Tinggi, berat, panjang bentang tangan, hingga panjang bentang telapak tangan diukur di sini. Catatan pengkuran tubuh ini menjadi catatan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan pemain di masa yang akan datang.

Di hari pertama ini, menu latihan yang diberikan berpusat pada kekuatan fisik. Dalam bentuk yang lebih rinci, setiap peserta akan menjalani ragam latihan yang akan membuat kelincahan (agility), kekuatan (strength), keseimbangan (balance), dan kemampuan berlari  atau kecepatan mereka lebih baik lagi.

“Kemampuan fisik adalah salah satu kunci utama untuk mengembangkan kemampuan basket seorang pemain. Oleh karena itu, kami berusaha mengetahui dan memperbaiki kemampuan fisik mereka semua di hari pertama ini. Dengan usia peserta yang masih muda, kami pun memilih latihan yang seusai dengan usia mereka,” ujar Alfian Yasir, salah satu pelatih di DBL Academy Holiday Camp ini.

Selain latihan yang sangat serius, pihak DBL Academy juga tak lupa memberikan latihan pengembangan karakter. Di jeda pergantian menu latihan, beragam kegiatan untuk mengembangkan karakter peserta juga menjadi salah satu hal yang menarik dari DBL Academy Holiday Camp ini.

Dua hari ke depan, menu latihan para peserta juga akan semakin beragam. Selain itu, para peserta juga akan mendapatkan tambahan latihan dari para pemain tim Indonesian Basketball League (IBL), Louvre Surabaya. Daniel Wenas, Wendha Wjiaya, hingga Kevin Moses adalah tiga pemain Louvre yang akan terjun langsung untuk membagi ilmu mereka kepada peserta. (DRMK)

Foto: Dika Kawengian

 

Komentar