IBL

Musim baru, sepatu baru. Itulah yang dirasakan para pebasket yang sudah memiliki sepatu khusus. Setelah Jordan sibuk mempromosikan edisi ke-34, kini giliran sepatu Russell Westbrook. Penggawa Houston Rockets itu dipastikan akan memiliki sepatu edisi ketiga setelah foto-fotonya tersebar di internet.

Penampilan kurang lebih sama seperti edisi kedua. Why Not Zero digambarkan sebagai sepatu dengan desain yang cenderung berantakan dengan padanan warna terbilang liar. Berbeda dengan edisi sepatu khusus atlet Nike lain yang terbilang tampil “aman”. Nike memilih desain ini karena ingin menampilkan karakter Sang pemain yang kerap tampil atraktif di luar lapangan.

Bagian atas memuat berlapis bahan mulai dari plastik sintetis, nilon rajut (mesh), dan knit. Pola jahitan bermacam bentuk ada di bagian sisi luar dan tumit. Tali nilon di belakang juga dibuat lebih atraktif. DI tengahnya terdapat tali Velcro berukuran sedang. Sol samping tampak memadukan dua warna dengan sol bawah tampak semarak dengan semburan warna-warna terang. Bagian dalam memuat dua lapis kain yang berfungsi sebagai penambah kerapatan.

Sejak merilis sepatu khususnya di bawah lini Jordan pada 2018, Westbrook meminta format berbeda. Ia ingin tampil menarik mata lewat sepatu yang ia pakai. Di sisi lain, Jordan ingin punya kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya meramu produk berbeda dari biasa. Pemikiran keduanya seakan menemui jalan terang lewat lini Why Not Zero.

Tahun 2017, Westbrook menerima perpanjangan kontrak berdurasi 10 tahun dengan Jordan seperti yang dikabarkan Nick DePaula. Merek lain yang harus mengontrak Westbrook harus menunggu hingga musim 2025-2026 berakhir. Nilai kontrak tidak pernah dipublikasikan namun ditaksir bernilai juta Dollar AS per tahun.

Angka tersebut meningkat dari kontrak awal. Kedua belah pihak menemui kesepakatan pertama kali pada musim 2012-2013 dengan gaji AS$5,5 juta per tahun. Kinerja apik Westbrook membuat pihak sponsor melanjutkan klausul kerja sama. Permintaan lain yang diminta adalah pembuatan Why Not Foundation sebagai yayasan tempat Westbrook melakukan kegiatan sosial.

Salah satu klausulnya adalah pembuatan lini sepatu khusus bernama Why Not. Melalui rilis pers, Jordan menjanjikan akan membuat versi performa yang digunakan di lapangan dan kasual untuk mendukung aktivitas harian. Tak hanya itu, akan dibuat pula untuk ukuran dewasa, anak-anak, hingga balita.

Jordan Why Not Zer0.3 rencananya akan dijual secara global pada 2 Januari 2020 dengan harga yang belum diumumkan. Hingga hari itu tiba, Westbrook akan tetap memakai Why Not Zer0.2.

 

Komentar