IBL

David Singleton menjadi nakhoda baru Pacific Caesar Surabaya di IBL 2020. Ia sebelumnya pernah membawa Saigon Heat menjuarai VBA Vietnam pada musim 2019. Pelatih muda itu diharapkan bisa membakar semangat pemain-pemain Pacific untuk meraih prestasi lebih baik di liga.

David atau yang akrab disapa Dave Singleton menjadi pelatih Saigon Heat di VBA (Vietnam Basketball Association), bukan di ABL (ASEAN Basketball League). Sebab, untuk ABL, tim Saigon Heat dipegang oleh Kyle Julius asal Kanada. Sementara itu, Dave fokus untuk liga domestik saja. Sebelumnya, Dave sempat menangangi tim Vietnam lainnya, yaitu Can Tho Cat Fish. Sejak tahun 2017, Dave bergabung dengan Saigon Heat.

Prestasi Dave juga gemilang. Selama tiga musim (2017,2018, dan 2019), Heat mencetak rekor yang sama di musim reguler yaitu 9-6. Tetapi hasil berbeda-beda saat playoff. Di musim 2017 dan 2018, mereka hanya mampu menempati empat besar. Sedangkan di musim 2019, Heat mendapatkan gelar juara. Di babak final, Heat mengalahkan Cat Fish dengan keunggulan 3-2.

Melihat catatan prestasi tersebut, membuat Pacific yakin untuk merekrutnya. Apalagi, Dave mengaku juga pernah ke Surabaya sebelumnya. Ia pernah bertugas mendampingi Kyle Julius saat bertandang ke Surabaya. Saat itu, Saigon Heat berhadapan dengan CLS Knights Indonesia di ABL musim 2017-2018. Setidaknya, ia tahu bagaimana basket Indonesia, khususnya di Kota Pahlawan.

"Dave bagus dalam pembinaan pemain muda, selain itu kami juga melihat prestasi yang sudah dicapai selama ini, yaitu membawa Saigon Heat juara VBA 2019, serta pengalaman dia di ABL. Kami berharap dengan adanya David Singleton ini, kami bisa mencapai target juga musim ini, yaitu juara IBL," kata Irsan Susanto selaku Direktur Tim Pacific Caesar.

Dengan adanya David Singleton, maka di IBL 2020 akan ada empat tim dengan pelatih asing. Pertama tentu saja Timnas Indonesia yang kini ditangani oleh Rajko Toroman. Kemudian ada Prawira Bandung yang dilatih oleh Giedrius Zibenas. Pelatih yang musim lalu membawa Stapac Jakarta juara IBL. Lalu ada Milos Pejic yang menangani Satria Muda Pertamina Jakarta. Serta yang terakhir ada David Singleton, nakhoda baru Pacific Caesar Surabaya. (tor)

Foto: facebook Saigon Heat

Komentar