IBL

Women’s National Basketball Association (WNBA) kini memasuki babak semifinal. Empat tim terbaik, Washington Mystics, Las Vegas Aces, Los Angeles Sparks, dan Connecticut Sun saling berhadapan dalam format lima laga. Mystics dan Sun yang menempati dua unggulan teratas kini sama-sama sedang dalam kondisi unggul (2-0).

Di tengah persaingan sengit ini, WNBA baru saja mengumumkan peraih penghargaan individu pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP). Melalui rilis resmi liga, Kamis, 19 September 2019, waktu setempat, WNBA memastikan gelar tersebut jatuh kepada pemain Mystics, Elena Delle Done.

Ini adalah gelar MVP kedua pemain yang akrab dengan akronim EDD ini. Selain EDD, ada lima pemain WNBA lain yang pernah meraih lebih dari satu gelar MVP. Kelima pemain itu adalah Lauren Jackson, Lisa Leslie, Sherl Swoopes, Cynthia Cooper, dan Candace Parker. Tiga nama yang pertama disebut berhasil memenangi tiga gelar MVP sementara dua nama terkahir mendapatkan gelar tersebut dua kali.

Namun, gelar kedua EDD ini menempatkannya pada buku sejarah WNBA seorang diri. Ya, EDD menjadi pemain pertama yang mampu memenangi dua gelar MVP di dua tim yang berbeda. Gelar MVP pertamanya ia dapatkan pada 2015 saat masih membela Chicago Sky.

Musim ini, EDD menjadi tokoh utama prestasi apik Mystics di musim reguler dengan rekor (26-8). Rekor itu merupakan yang terbaik musim ini dan menempatkan mereka sebagai unggulan pertama di playoff. Secara statistik, pemain berusia 30 tahun ini juga mencatatkan pencapaian bersejarah.

EDD sekali lagi menjadi pemain pertama dalam sejarah WNBA yang mampu mencatatkan akurasi setidaknya 50, 40, 90. Rinciannya, 50 persen secara keseluruhan (FG%), 40 persen dari tripoin (3P%), dan 90 persen dari tembakan gratis (FT%). Torehan EDD musim ini adalah 51,5 persen FG%, 43 persen 3P%, dan 97,4 persen FT%. Khusus untuk tembakan gratis, EDD hanya gagal tiga kali sepanjang musim (114/117).

Secara poin, EDD menempati peringkat dua tertinggi di WNBA dengan 19,5 poin per gim. Untuk rebound, torehan 8,3 rebound per gim menempatkannya di urutan kelima sementara catatan 1,29 blok per gimnya membuatnya menempati urutan ke-11 pemilik rataan blok terbanyak. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar