IBL

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menganugerahi legenda NBA Bob Cousy dengan Medal of Freedom. Trump memberikan penghargaan itu kepada Cousy di Gedung Putih, Washington, D.C., Amerika Serikat, Kamis 22 Agustus 2019 waktu setempat. Cousy pun sukses menjadi satu dari total empat pemain NBA dengan penghargaan Medal of Freedom.

Ketika memberikan penghargaan, Trump mengatakan bahwa dirinya adalah penggemar berat Cousy. Ia bahkan menyebut sang legenda sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa dalam sejarah olahraga. Sementara itu, Cousy memanggil Trump dengan sebutan presiden paling luar biasa sepanjang hidupnya.

“Bapak Presiden, saya tahu Anda akan menjadikan Amerika hebat lagi,” kata Cousy yang bermain dengan Boston Celtics dan Cincinnati Royals selama kariernya di NBA, per Fox News. "Bagi saya, Amerika Serikat luar biasa selama 91 tahun."

Setelah puluhan tahun hidup sebagai warga negara Amerika Serikat, Cousy tidak menyangka akan mendapat penghargaan seperti itu dalam hidupnya. Apalagi mengingat orang tuanya bukanlah penduduk asli Negeri Paman Sam. Orang tua Cousy bermigrasi dari Prancis ke Amerika Serikat.

Cousy sendiri lahir di Upper East Side of Manhattan. Sekarang tempat itu megah, tetapi dulu sempat menjadi semacam daerah kumuh yang dipenuhi tikus-tikus liar. Air bersih bahkan tidak mengalir ke apartemen-apartemen penduduk. Cousy sempat hidup di tengah semua itu.

Kendati demikian, Cousy berhasil mengubah hidupnya melalui bola basket. Ia bermain di NBA dengan membela Celtics dan Cincinnati Royals. Masa kejayaannya terjadi ketika ia membela Celtics pada 1950—1963. Selama itu ia telah mencetak banyak prestasi, di antaranya: 6 kali juara NBA, 1 Most Valuable Player (MVP), 13 kali All-Star, 2 kali MVP All-Star, 10 kali All-NBA First Team, 2 kali All-NBA Second Team, dan lainnya.

Oleh karena kontribusinya kepada Celtics, tim asal Boston itu pun mengistirahatkan jerseynya. Mereka menggantung nomor 14 sebagai wujuh penghormatan kepada sang legenda. Hingga kini, Cousy dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah tim bahkan NBA.

Sementara itu, bagi Cousy, Medal of Freedom melengkapi pencapaiannya semasa hidup. Penghargaan itu membuat dirinya semakin merasa diterima oleh masyarakat. Ia sebenarnya tidak pernah bermimpi bisa mendapatkannya, tetapi Trump pada akhirnya memberikan itu kepadanya.

Medal of Freedom sendiri merupakan penghargaan yang diberikan presiden Amerika Serikat kepada warganya yang berkontribusi besar. Sebagai seorang legenda NBA, Cousy telah membawa nama baik negara ke tingkat yang tinggi. Ia kini merupakan warga terhormat. (put)

Foto: NBA

Komentar