IBL

NBA 2019-2020 masih akan digelar lebih dari dua bulan lagi. Namun, beberapa media dan kontributor NBA sudah mendapatkan bocoran pertandingan-pertandingan di hari-hari penting NBA. Hari-hari penting yang paling dinanti dalam gelaran tiap musimnya adalah hari pembuka dan saat perayaan natal. Kedua gim ini biasanya akan membuat stadion penuh dan menarik perhatian banyak pihak karena kehadiran tim-tim atau pemain besar NBA.

CBS Sports mengabarkan bahwa pertandingan pembuka musim ini akan mengalami kemunduran jadwal jika dibandingkan dengan musim lalu. Musim ini, gim pembuka akan digelar Selasa malam, 22 Oktober 2019, waktu setempat. Sementara gelaran musim lalu digelar Jumat, 19 Oktober 2018.

Pemunduruan jadwal ini juga memundurkan jadwal playoff seminggu lebih lama dibandingkan musim lalu. Salah satu faktor yang membuat NBA memundurkan jadwal mereka musim ini adalah gelaran Piala Dunia FIBA 2019. Gelaran antarnegara yang digelar di Cina tersebut baru berakhir 15 September. Oleh karena itu, NBA berusaha memberikan waktu istirahat yang lebih lama untuk para pemain.

Di musim-musim sebelumnya, NBA memiliki tendensi untuk membuka musim dengan pertandingan yang melibatkan tim juara bertahan dan rival satu wilayah mereka. Namun, NBA melakukan hal yang berbeda musim ini. Juara bertahan, Toronto Raptors memang akan bermain di laga pembuka. Akan tetapi, mereka tak berhadapan dengan rival mereka di Wilayah Timur. Mereka justru akan menghadapi salah satu tim kuda hitam musim ini, New Orleans Pelicans.

Dua tim asal Los Angeles yang bisa dibilang paling ramai diperbincangkan di pasar pemain bebas kali ini, Clippers dan Lakers, juga turut membuka musim. Tak tanggung-tanggung, duel Los Angeles ini tak hanya ada di malam pembuka. Duel mereka bahkan sudah dijadwalkan juga di malam natal. Sayangnya, besar kemungkinan di malam pembuka nanti Clippers tak akan diperkuat oleh Paul George yang masih dalam pemulihan cedera bahu.

Clippers dan Lakers dijadwalkan bertemu empat kali musim depan dan dua di antaranya di malam pembuka dan malam natal. Hal ini sudah menunjukkan betapa mawasnya NBA atas keinginan para penggemar atau bahkan penikmat NBA di seluruh belahan dunia.

Pelicans dan Raptors juga akan hadir kembali di malam natal. Namun, keduanya tak akan bertemu lagi. Pelicans akan menghadapi Denver Nuggets di kandang Nuggets sementara Raptors akan menjamu Boston Celtics. Duel dua tim calon penguasa Wilayah Timur, Philadelphia 76ers melawan Milwaukee Bucks juga hadir di malam natal. Terkahir, ada duel klasik Wilayah Barat, Houston Rockets dan Golden State Warriors yang menjadi partai ulangan semifinal Wilayah Barat musim lalu.

Selain dua malam penting tersebut, para penggemar NBA biasanya juga menanti “kepulangan” mantan pemain bintang tim mereka yang berpindah selama jeda musim ini. Kristaps Porzingis yang absen sepanjang musim lalu akhirnya akan datang ke Madison Square Garden sebagai tamu pada 14 November 2019.

Bintang baru Lakers, Anthony Davis, yang proses kepindahannya penuh drama akan berkunjung ke Pelicans pada 27 November. Di hari yang sama, Kyrie Irving, juga akan kembali ke markas Boston Celtics. Kawhi Leonard yang menjadi bintang utama Raptors meraih juara akan kembali ke Scotiabank Arena pada 11 Desember.

Russell Westbrook akan menjalani gim pertamanya sebagai tamu di kandang Oklahoma City Thunder pada 9 Januari 2020. Sementara rekan duetnya di Thunder musim lalu, Paul George, akan bertamu untuk kali pertama ke Thunder pada 3 Maret 2020. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar