IBL

Depok Nation besutan para pemain profesional asal Depok terus menjaga eksistensi di kancah bola basket. Mereka berencana untuk mengikuti IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour 2019 di Jakarta demi membangkitkan semangat komunitas. Kebetulan IBL akan menggelar pertandingan dari berbagai kategori di Cilandak Town Square pada 3—4 Agustus 2019.

Menurut Adhi Pratama, senter Pelita Jaya Basketball Club sekaligus salah satu pendiri Depok Nation, ide mengikuti turnamen 3x3 itu datang dari para pendirinya. Mereka resah karena belakangan ini semangat semangat komunitas agak menurun. Adhi mengungkapkan, hal itu terjadi karena kurangnya kegiatan bola basket di Depok.

“Bukan buat apa-apa, sih, saya cuma pengen mereka gerak lagi,” kata Adhi. “Soalnya kemarin itu jarang ada event. Saya pengen menggerakan mereka lagi supaya terus eksis. Sayang, dari pemerintah belum ada acara. Padahal di sini—di komunitas ini—potensinya bagus-bagus. Mereka perlu wadah untuk bermain basket.”

Dengan mengikuti 3x3, Adhi pun berharap anak-anak komunitas kembali semangat. Mereka tidak perlu mengejar target juara. Adhi hanya ingin anak-anak bisa menimba ilmu dan pengalaman dulu lewat IBL 3x3 nanti.

“Apalagi saya lihat kemarin animonya besar,” kata Adhi soal IBL 3x3. “Saya baru sempat nonton waktu di Bandung. Dari situ saya berpikir, kenapa anak-anak tidak ikut 3x3 saja. Turnamennya cukup bagus buat mengasah diri.”

Meski sempat lesu, Depok Nation sebenarnya tidak pernah berhenti menggelar kegiatan. Adhi dkk. tetap mengumpulkan anak-anak untuk latihan. Senter Pelita Jaya itu bahkan sesekali datang untuk memantaunya sendiri. Begitu pun dengan Egha (sapaan akrab Audy Bagastyo) dan Airlangga. Mereka bergiliran datang di sela-sela kesibukan.

Egha sendiri belakangan sibuk dengan IBL 3x3. Ia merupakan pemain Satria Muda Pertamina Jakarta yang konsisten tampil sejak seri pertama di Cirebon. Audy hendak mengejar gelar juara supaya Satria Muda bisa kembali mewakili Indonesia di ajang internasional. Kebetulan pemenang IBL 3x3 akan bertanding di FIBA 3x3 World Tour Masters di Jeddah.

“Egha bakal sibuk di 3x3, jadi mungkin nanti yang lain yang bakal mengawasi anak-anak,” jelas Adhi. “Saya juga akan datang. Ikut mengawasi anak-anak. Mumpung di Jakarta juga. Tidak jauh dari Depok.”

Sementara Egha sibuk dengan timnya, Depok Nation belakangan berusaha menyiapkan timnya. Mereka akan terlibat dalam berbagai kategori, khususnya U-18, sebab komunitas itu rata-rata beranggotakan anak muda. Mereka memang tidak menargetkan apa pun, tetapi tetap ingin yang terbaik. Adhi dkk. membantu mereka untuk menghadapi pertandingan nanti. (put)

Foto: Dok. Depok Nation

Komentar