IBL

Zion Williamson belum sekalipun bermain bagi New Orleans Pelicans. Meski demikian, sorotan yang ditujukan padanya sudah sangat deras. Setelah menandatangani tujuh tahun kontrak dengan Jordan, Zion kemudian mengumumkan telah bekerja sama dengan video gim basket NBA 2K20 dengan durasi kontrak dalam hitungan tahunan.

Dua hal itu tentu membuat Zion terus menerus jadi perbincangan hangat. Prestasi tersebut seakan melengkapi statusnya sebagai ruki terbaik di NBA Draft Pick 2019. Zion tidak hanya tampil sebagai karakter di dalamnya. Lulusan Duke itu akan tampil sebagai bintang iklan, gelaran promosi, dan aktivitas sosial. Ketiga poin itu telah tercantum di dalam kontrak.

 

 

Pergerakan ini juga sebagai bentuk antisipasi NBA 2K. Laman Forbes sebelumnya telah mengabarkan bahwa EA Sports juga sedang mengincar Zion sebagai wajah promosi untuk gim NBA Live. Alih-alih merealisasikannya, EA justru banting setir untuk meminang Luka Doncic.

Pemuda 19 tahun itu jadi ruki dengan rating terbaik. Poin yang dipatok untuk Zion terbilang tinggi, yaitu 81. Ja Moran ada di bawahnya dengan rating di angka 79. Dilanjutkan dengan R.J Barrett di peringkat ketiga dengan rating 78. De’Andre Hunter dan Darius Garland sama-sama mengemas rating 77 berada di peringkat empat dan lima. Omong-omong, di gim NBA 2K4, rating LeBron James lebih kecil dari Zion. Penggawa Lakers itu hanya menorehkan rating 78.

Zion pun tampak antusias dengan jalinan kerja sama ini. Hal itu merujuk pada video yang diunggah NBA 2K20 di akun twitter resmi mereka. “Saya telah memainkan video gim ini sejak lama lalu kini bisa jadi bagian dari mereka. Rasanya sungguh luar biasa! Mimpi saya telah tercapai. Bagaimana menjadi sebuah fenomena global lalu orang-orang merasakan rasanya menjadi saya. Di masa depan, saya akan berprestasi guna menorehkan prestasi lebih banyak,” kata Zion di video itu.

Sementara pihak pengembang mengaku antusias. “Pemuda ini merepresentasikan bakat luar biasa dan kami antusias menyambutnya di tim kami,” tutur Jason Argent, Vice President of Basketball Operation NBA 2K20.

Meski begitu, tampaknya Zion belum diberi kesempatan untuk membintangi sampul NBA 2K20.  Pihak pengembang masih mempercayakannya kepada Anthony Davis dan Dwyane Wade. Jajaran ini terbilang eksklusif, mengingat tidak semua pebasket NBA dijadikan sebagai sampul. Nama-nama di daftar ini di antaranya adalah LeBron James, Kevin Durant, Stephen Curry, James Harden, dan Giannis Antetokounmpo.

Zion Williamson boleh jadi adalah ruki paling disorot media setelah LeBron James pada 2003. Keduanya juga meraih kontrak kerja sama sponsor terbesar. LeBron di angka AS$83 Juta oleh Nike dan Zion di angka AS$75 Juta oleh Jordan. Banyak pula yang menyebut Zion akan jadi pengganti LeBron yang usianya kini semakin menua. (ajb)

Foto: NBA 2K20

Komentar