IBL

Houston Rockets belum bisa menentukan orang untuk mengisi slot di skuat mereka. Tim asuhan Kepala Pelatih Mike D’Antoni itu bahkan masih galau dalam memperlakukan senter Clint Capela. Mereka belum tahu apakah ia masih layak dipertahankan atau ditukar saja ke tim lain.

Di tengah ketidakpastian itu, senter cadangan Rockets lainnya memutuskan jalannya sendiri. Nene Hilario, 36 tahun, menyatakan diri menolak opsi pemain sebesar AS$3,8 juta untuk tahun terakhirnya di Houston. Ia lebih memilih menjadi pemain bebas agar tim-tim lain bisa menawarnya. Apalagi situasinya di Houston juga tidak menentu.

Nene sebenarnya merupakan senter pengganti yang cukup punya kontribusi. Ia bisa mencetak 6,8 poin dan 3,6 rebound selama tiga musim membela Rockets. Sayangnya, ia mengalami masalah kesehatan pada 2018-2019. Nene cedera pada betis kanannya sampai harus absen dalam 21 pertandingan pertama musim itu. Ia juga sempat absen di beberapa kesempatan lain, sehingga hanya sempat tampil dalam 42 pertandingan musim reguler.

Kendati menolak opsi pemain, Nene bisa saja kembali ke Houston dengan kontrak baru. Namun, seandainya ia tidak kembali, Rockets akan mencari penggantinya. Chris Haynes, Yahoo! Sports, mengabarkan bahwa Rockets mengincar JaVale McGee.

McGee musim lalu tampil bersama Los Angeles Lakers. Ia bermain sebanyak 75 kali dengan menjadi starter dalam 62 pertandingan. Ia mencetak rata-rata 12 poin, 7,5 rebound, dan 2 blok. McGee menunjukkan kapasitasnya sebagai seorang senter yang cukup produktif, baik dari barisan lima utama maupun cadangan. Ia bahkan punya pengalaman juara ketika membela Golden State Warriors pada 2017 dan 2018.

Kontrak McGee bersama Lakers saat ini tunai. Pemain berusia 31 tahun itu resmi menjadi pemain bebas tidak terbatas karena tidak memperpanjang kontrak. Lakers juga belakangan ini belum menunjukkan ketertarikannya untuk mempertahankan McGee. Maka, ia bebas pergi ke mana saja. Semua tim boleh menawarkan kerja sama padanya.

Jika Rockets berhasil melobi McGee, itu artinya mereka akan menjadi tim ketujuh yang menggunakan jasanya. Senter lulusan University of Nevada itu telah membela setidaknya enam tim sejak 2008. Ia merupakan seorang pemain yang sering berpindah-pindah tempat tinggal. (put)

Foto: NBA

Komentar