IBL

Usai musim mereka berakhir lebih cepat, Philadelphia 76ers kini mulai dihadapkan kepada pilihan-pilihan terkait masa depan mereka. Salah satu pilihan yang harus mereka segera buat keputusannya adalah terkait salah satu pemain bintang mereka, Jimmy Butler. Jimmy sendiri sebenarnya masih memiliki kontrak hingga musim depan. Namun, klausul player option membuatnya bisa menjadi unrestricted free agent di pasar pemain bebas, 1 Juli 2019.

Hal tersebut membuat Sixers harus segera mengambil keputusan sebelum Jimmy merapat ke tim lain. Berdasarkan laporan dari kontributor ESPN, Brian Windhorst, Sixers dikabarkan siap memberi Jimmy kontrak maksimal. “Saya sudah berbicara dengan beberapa jajaran eksekutif tim NBA. Saya rasa mereka semua yakin bahwa Sixers akan memberikan kontrak maksimal kepada Jimmy,” ujar Brian. “Saya masih belum tahu pasti tentang durasinya, akankah empat tahun atau lima tahun. Tetapi, kontraknya akan bergaransi penuh,” tutupnya.

Jimmy datang ke Sixers melalui sebuah drama pertukaran November lalu. Ya, pemain berusia 29 tahun tersebut sempat terlibat friksi dengan seluruh jajaran di tim lamanya, Minnesota Timberwolves. Rangkaian friksi tersebut cukup berpengaruh dengan kondisi tim yang akhirnya memaksa manajemen Timberwolves melepasnya.

Sixers dalam kondisi berambisi untuk melangkah lebih jauh di playoff lantas meminangnya dengan mengirimkan Robert Covington, Jerryd Bayless, dan Dario Saric. Nama yang disebut terakhir sebenarnya masih berpotensi untuk terus berkembang menjadi lebih baik apalagi usianya masih sangat muda. Namun, Sixers tampak sangat yakin dengan Jimmy.

Dalam 55 penampilannya di musim reguler untuk Sixers, Jimmy mengemas 18,2 poin, 5,3 rebound, dan 4,2 asis per gim, ia menjadi top skor kedua tim di bawah Joel Embiid. Sayangnya, tim ini tak mampu membuat peningkatan prestasi ketimbang musim lalu. Di dua musim ini, Sixers selalu terhenti di semififnal Wilayah Timur.

Meski terlihat cukup nyaman bermain dengan Sixers, Jimmy sempat dikabarkan juga terlibat perdebatan keras dengan Kepala Pelatih mereka, Brett Brown. Di bulan Januari lalu, ESPN melaporkan bahwa Jimmy sempat mencecar Brett secara agresif tentang perannya di skema penyerangan Sixers. Pasalnya, di tubuh Sixers sendiri sudah ada Joel dan Ben Simmons yang di musim sebelumnya menjadi tumpuan utama tim. Namun, perdebatan tersebut tampaknya berhasil diselesaikan dengan baik oleh semua pihak.

Jika nantinya benar memberi kontrak maksimal untuk Jimmy, maka masa depan Sixers akan cukup terbaca. Mereka akan kehilangan Tobias Harris di jeda musim nanti lantaran ia juga akan menjadi unrestricted free agent dan sulit rasanya mengira Tobias akan melewatkan peluang mendapatkan kontrak maksimal di tempat lain.

Selain Tobias, satu pemain lagi yang menyandang status serupa adalah J.J. Redick. Namun, Redick sudah mengungkapkan keinginannya untuk kembali bersama Sixers bahkan menimang keputusan untuk pensiun di tim itu.

Jangka yang lebih panjang lagi, Sixers jelas akan melepas salah satu pemain di antara Joel dan Ben. Ya, hal ini harus dilakukan karena akan sangat berat untuk sebuah tim memiliki tiga pemain dengan kontrak maksimal. Namun, untuk menunggu pilihan tersebut, kita masih akan menunggu lebih lama lagi karena Ben sendiri masih dalam kontrak skala rukinya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar