IBL

Ignatius Rosoinaya Penyami, yang biasa dikenal dengan Saykoji, baru saja menelurkan karya baru. Lagu berjudul “Plastik” dibuat sebagai bentuk upaya untuk menyadarkan masyarakat Indonesia tentang bahaya sampah plastik untuk masa depan. Proyek ini diinisiasi oleh Ecorasa, merek kemasan plastik ramah lingkungan yang sedang memperkenalkan diri ke khalayak ramai.

Saykoji tidak sendirian dalam menyumbang vokal. Ia mengajak anaknya bernama Aaron Miguel Penyami untuk nge-rap bersama. Sementara itu, visualisasi yang ada di video klip adalah karya Haryadhi, komikus yang jadi otak di balik konten Kostum Komik.

Pengemasan konten yang ditampilkan terbilang ramah bagi semua umur. Hal itu tampak dari interaksi antar karakter, dialog, hingga fenomena yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sesekali Saykoji dan Aaron tampak saling melontarkan pendapat yang diakhiri dengan rima apik khas musik hip-hop.

Proyek ini cocok dengan persona yang tengah dibangun oleh rapper yang populer lewat lagu “Online” itu. Ia beberapa kali membuat konten yang berhubungan dengan statusnya sebagai seorang suami dan orang tua. Aaron pun kerap tampil di kanal YouTube-nya. Mereka bisa membahas bermacam-macam topik yang biasanya berasal dari pertanyaan Aaron. Contohnya tentang lingkungan, politik dan pemilu

Lagu “Plastik” merupakan kolaborasi kedua Saykoji dan Kostum Komik. Keduanya membuat video hasil kolaborasi perdana berjudul “It’s a Dad Thing 2” yang dipublikasikan pada 17 Februari 2019. Video itu berisi diskusi rapper 35 tahun itu dengan anaknya tentang sistem pemerintahan Indonesia dan Pemilu dengan penjelasan yang ringan. Grafis video dibuat agar ramah ditonton bagi anak-anak.

Kehadiran lagu seperti bisa menjadi solusi tontonan positif bagi generasi muda. Penyajiannya yang ringan nan edukatif membuatnya bagus dinikmati segala kalangan. Dengan pandangan yang sudah dewasa, Saykoji kini lebih banyak membuat konten positif nan informatif di kanal YouTube-nya. Laman bernama “Saykojigor” hingga kini sudah meraup 381.000 pelanggan setia.

Dua minggu setelah perilisan “It’s a Dad Thing 2”, Saykoji mengunggah video klip lagu tentang BTN CLS Knights dengan judul “Purple and Gold”. Ia berkolaborasi dengan Della MC dan Liquidsilva. Semua proses pembuatan video dilaksanakan di GOR Kertajaya Surabaya. Karya ini sudah disaksikan 141.000-an penonton dengan mengundang ratusan komentar positif.

Foto: Karya Kostum Komik di akun @saykoji

Komentar