IBL

Senter Milwaukee Bucks, Pau Gasol, akan absen di sisa musim 2018-2019. Ia kehilangan kesempatan tampil di playoff lantaran cedera kaki. Gasol mengalami retak pada kaki kirinya sehingga harus naik meja operasi.

Bucks mengumumkan operasi Gasol sukses kemarin, Jumat 10 Mei 2019 waktu setempat. Pemain asal Spanyol itu tinggal menjalani pemulihan. Kemungkinan ia sudah bisa kembali saat pemusatan latihan di jeda musim.

Gasol baru bergabung dengan Bucks pada pertengahan musim ini. Ia merapat ke Milwaukee setelah urusannya kontraknya dengan San Antonio Spurs selesai. Spurs membeli sisa kontrak Gasol agar bisa melepasnya ke Bucks.

Selama semusim ini, Gasol tampil 27 kali untuk Spurs. Ia mencetak rata-rata 4,2 poin dan 4,7 rebound per pertandingan. Gasol kemudian membela Bucks hanya dalam tiga pertandingan. Semuanya di musim reguler. Ia belum sempat tampil di playoff.

Gasol selama kariernya terkenal sebagai salah satu pemain bintang di NBA. Ia merengkuh dua kali gelar juara beruntun bersama Los Angeles Lakers pada 2009-2010. Ia juga sempat masuk ke jajaran NBA All-Star sebanyak enam kali. Gasol bahkan memukau di musim perdananya dengan mendapat gelar ruki terbaik NBA pada 2002.

Gasol belakangan sudah tidak muda lagi. Usianya sudah mencapai 38. Ia tidak banyak berperan di Spurs musim ini. Begitu pun di Bucks. Ia hanya tampil sebentar karena cedera.

Kendati demikian, Bucks berharap Gasol bisa pulih benar. Mereka membutuhkan bantuannya untuk membantu tim musim depan. Gasol bisa menjadi sosok mentor yang mendorong pemain-pemain lebih muda untuk maju. Apalagi Bucks memang menilai ia punya pengalaman dan sederet prestasi yang pantas untuk itu.

Sementara itu, Bucks masih berjuang di playoff. Mereka berhasil menyingkirkan Boston Celtics di semifinal Wilayah Timur. Bucks akan melanjutkan perjalanan ke final wilayah. Mereka masih menunggu lawannya, antara Toronto Raptors atau Philadelphia 76ers. (GN)

Foto: NBA

Komentar