IBL

University of Virginia mengakhiri perjalanan mereka di turnamen NCAA Divisi I dengan naik ke podium juara pertama kalinya. Mereka berhasil mengalahkan Texas Tech di National Championship dengan skor 85-77. Cavaliers—sebutan tim basket Virginia—memaksa lawannya bermain sampai babak tambahan di U.S. Bank Stadium, Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, Senin 8 April 2019 waktu setempat.

De’Andre Hunter mencetak 27 poin dan 7 rebound untuk Virginia. Kyle Guy di belakangnya dnegan 24 poin. Ty Jerome 16 poin, 8 rebound, dan 9 asis.

Texas Tech melawan lewat Brandone Francis. Sang garda mencetak 17 poin meski tampil dari bangku cadangan. Kyler Edwards lalu membantunya dengan 12 poin juga dari bangku cadangan. Sementara itu, di barisan utama, Jarrett Culver dan Davide Moretti sama-sama mencetak 15 poin. Matt Mooney menambahkan 10 poin. Namun, tambahan itu tidak juga membuat mereka menang.

Secara statistik, Virginia menang dalam semua kategori. Mereka juga bisa memanfaatkan momentum di pengujung pertandingan untuk melebarkan jarak dari Texas Tech. Padahal kedua tim bermain ketat sepanjang pertandingan sampai Virginia mendapat momentumnya di babak tambahan.

Virginia unggul lebih dulu di babak pertama. Mereka mencetak 32 poin saat itu. Texas Tech hanya 29. Namun, tim berjuluk Red Raiders itu berhasil memukul balik Virgnia di babak kedua.

Texas Tech berhasil mengumpulkan 29 poin. Mereka unggul 68-65 di pengujung babak kedua. Virginia sebenarnya hampir kalah karena mereka tertinggal. Untungnya, Hunter mengangkat tim dengan tembakan tripoin di sudut kanan. Ia menyamakan kedudukan 68-68 dengan sisa waktu 12 detik. Texas Tech gagal membalasnya sehingga pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan itu, Virginia merapatkan barisan. Mereka menguatkan pertahanan. Texash Tech sulit mencetak poin. Mereka bahkan nirpoin selama hampir tiga menit. Sementara itu, Virginia terus menambah poin. Mereka mendapatkan momentumnya dan mencetak total 17 poin di babak tambahan. Texash Tech hanya sembilan di saat yang sama.

Virginia pun menutup pertandingan dengan kemenangan 85-77. Mereka juara untuk pertama kalinya. Hunter, Guy, Jerome dkk. mengangkat trofi. Mereka merayakan gelar dengan suka cita. (GNP)

Foto: NCAA

Komentar