IBL

San Antonio Spurs berhasil menumbangkan juara bertahan Golden State Warriors di AT&T Center, San Antonio, Texas, Senin 18 Maret 2019 waktu setempat. Dengan kemenangan itu, Spurs bertengger di peringkat lima klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor 49-29. Spurs semakin kukuh sebagai tim berpotensi playoff.

Selama 21 tahun ini, Spurs memang belum pernah absen di babak itu. Kepala Pelatih Gregg Popovich selalu berhasil membawa timnya ke playoff sejak 1997-1998. Mereka konsisten menjadi pesaing di NBA. Tahun ini pun begitu. Mereka menyisakan 11 pertandingan, tetapi potensi tembus ke playoff di peringkat lima cukup besar.

Saya kemudian tertarik merangkum peristiwa-peristiwa ketika Spurs terakhir kali gagal ke playoff. Saat itu, ada banyak peristiwa besar di seluruh dunia. Saya merangkum 10 saja.

Simak peristiwa-peristiwa ketika Spurs gagal ke playoff pada 1996-1997 berikut ini:  

Putri Diana Meninggal

Diana Frances Spencer alias Putri Diana adalah anggota keluarga Kerajaan Inggris. Ia merupakan istri pertama Pangeran Charles sekaligus ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry. Semasa hidupnya ia aktif dalam berbagai kegiatan sosial, termasuk gelaran amal dan perlindungan remaja, lansia, tunawisma, dan hewan. Putri Diana juga menaruh perhatian pada persoalan HIV/AIDS, kanker, dan pembersihan ranjau darat bekas perang.

Putri Diana meninggal dalam sebuah kecelakaan di terowongan Pont de I’Alma di Paris, Prancis, pada 31 Agustus 1997. Ia kemudian dimakamkan di Inggris dengan siaran langsung pada 6 September. Siaran itu mendapat perhatian dari seluruh dunia dan menjadi siaran paling banyak ditonton pada masanya.       

Bunda Teresa Meninggal

Mary Teresa Bojaxhiu atau terkenal dengan sebutan Bunda Teresa merupakan sosok penting dalam sejarah Katolik. Ia merupakan penggerak Misionaris Cinta Kasih asal Makedonia Utara yang kemudian pindah ke Irlandia dan India. Ia menghabiskan sisa hidupnya di India.

Bunda Teresa menjadi tokoh dunia karena aktivitas sosial dan keagamaannya. Ia banyak membantu orang-orang India di masa sulit, termasuk membangun rumah sakit gratis Home for the Dying dan panti asuhan. Ia kemudian menyebarkan Cinta Kasih ke seluruh dunia lewat aktivitas-aktivitas kemanusiaan. Atas jasanya, ia mendapat Nobel Perdamaian.

Bunda Teresa meninggal pada 5 September 1997 di Kalkuta, Benggala Barat, India. Ia meninggal karena sakit. Bunda Teresa bahkan sempat dirawat di California, tetapi kesehatannya terus menurun.      

Sekretaris Negara Perempuan Pertama di AS

Madeleine Albright merupakan politikus dan diplomat Amerika Serikat. Ia menjadi sekretaris negara perempuan pertama di Amerika Serikat pada pemerintahan Presiden Bill Clinton (1997). Madeleine bertugas pada 23 Januari 1997-20 Januari 2001. Sebelum menjabat sebagai sekretaris negara, Madeleine bekerja sebagai diplomat.

Microsoft Jadi Perusahan Paling Bernilai

Bill Gates dan Paul Allen membangun Microsoft pada 1975. Dengan basis kemampuan pemrogram komputer, perusahan itu menjadi besar. Gates bahkan menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Pada 1997, Microsoft sempat menjadi perusahaan paling bernilai di dunia. Mereka berharga AS$261 miliar saat itu. Pada 2018, Microsoft telah berkembang menjadi perusahaan terkemuka. Total aset mereka saat itu bisa mencapai AS$258.848 miliar.

Krisis Finansial

Pada Juli 1997, kesulitan melanda Asia. Krisis dimulai di Thailand dan menyebar ke negara-negara lain. Krisis finansial menerpa hampir seluruh Asia Timur dan menimbulkan kepanikan. Ekonomi dunia bahkan bisa runtuh karena penularan krisis. Negara-negara hampir bangkrut.

Indonesia saat itu juga terkena dampaknya. Rupiah jatuh karena ketakutan dari hutang perusahaan, penjualan rupiah, dan permintaan dolar yang kuat. Ujung-ujungnya, rakyat bereaksi menukar rupiah dengan dolar. Itu menurunkan harga rupiah lebih jauh lagi. Inflasi pun tidak terhindarkan. Harga bahan makanan meningkat. Presiden Soeharto lantas memecat Gubernur Bank Indonesia pada awal 1998. Soeharto sendiri dipaksa mundur pada 21 Mei tahun itu. B.J. Habibie naik jabatan menjadi presiden. Krisis moneter memuncak.      

Drama Musikal The Lion King di Broadway

Walt Disney meluncurkan The Lion King untuk pertama kali pada 1994 dalam bentuk film kartun. Film itu kemudian diangkat ke panggung drama musikal. Disney Theatrical Productions sebagai produser menggelar debut di Minneaplis, Minnesota, Amerika Serikat, Juli 1997. Mereka kemudian membawa drama musikal itu ke panggung Broadway di New Amsterdam Theatre pada Oktober di tahun yang sama.  

Space Jam Tayang Perdana

Space Jam menjadi salah satu film basket terkenal yang dibintangi legenda NBA, Michael Jordan. Pemain berjuluk Air Jordan itu berkolaborasi dengan kartun Looney Tunes untuk melawan alien di lapangan basket. Film Space Jam pertama kali muncul pada November 1996.

Sejak penayangannya, Space Jam mendapat sambutan cukup besar. Mereka masuk box office Amerika dengan keuntungan mencapai AS$230 juta di seluruh dunia. Space Jam pun menjadi film basket dengan keuntungan terbesar sepanjang masa.  

Mike Tyson Gigit Telinga Evander Holyfield

Pertarungan antara Mike Tyson dan Evander Holyfield menjadi sebuah pertarungan bersejarah. Pertandingan berjuluk “The Sound and the Fury” itu tiba-tiba beruah menjadi “The Bite Fight” setelah Tyson menggigit telinga Holyfield.

Holyfield saat itu mendominasi pertarungan. Ia memenangkan tiga ronde pertama. Tyson menggigit telinga kanan Holyfield di ronde ketiga. Wasit pada awalnya akan mendiskualifikasi Tyson, tetapi Holyfield mengaku masih bisa bertarung. Pertarungan berlanjut.

Di tengah pertarungan, Tyson kembali mengigit Holyfield. Kali itu bagian telinga kirinya. Pertarungan terus belanjut sampai wasit mendapati bekas gigitan kedua. Wasit mendiskualifikasi Tyson karena terbukti menggigit lawannya.

MotoGP di Indonesia

Sirkuit Sentul di Bogor menjadi sirkuit bersejarah bagi Indonesia. Sebab, sirkuit itu pernah menjadi saksi bisu perhelatan MotoGP di Indonesia pada 1997. Saat itu, balapan masih menggunakan sepeda motor dengan mesin dua tak.

Pada 1997 itu, MotoGP membagi balapan ke dalam tiga kelas, yaitu: 500 cc, 250 cc, dan 125 cc. Yadayuki Okada (Honda) menjuarai kelas 500 cc. Max Biaggi (Honda) di kelas 250 cc. Valentino Rossi (Aprilia) di kelas 125 cc.     

Allen Iverson Jadi Ruki Terbaik

Allen Iverson menjadi salah satu legenda basket NBA. Ia pensiun pada 2011 silam setelah malang melintang di dunia basket sejak 1996. Iverson mengawali kariernya bersama Philadelphia 76ers dan menyabet gelar ruki terbaik pada 1997.

Kendati demikian, Iverson gagal mengantarkan Sixers ke playoff pada musim perdananya. Nasib mereka sama seperti Spurs. Bedanya, Spurs berhasil masuk ke babak itu semusim setelahnya tanpa pernah absen sampai sekarang.

Foto: NBA

Komentar