IBL

Bogor Siliwangi mesti tampil dengan hanya satu pemain asing ketika menghadapi Hangtuah di pertandingan pembuka IBL Seri 8 Yogyakarta. Meski begitu, Siliwangi tetap bisa memenangkan pertandingan berkat Martavious Irving. Garda asing andalan Siliwangi itu mencetak 45 poin untuk mengantarkan timnya menang 81-74 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis 14 Februari 2019.

Selain Irving, Daniel Wenas juga gemilang. Ia mencetak 16 poin. Kevin Moses di belakangnya dengan 7 poin dan 7 rebound. Kelly Purwanto 6 poin dan 6 rebound. Fadlan Minallah 6 poin dan 9 rebound.

Sementara itu, Hangtuah mendapat sokongan dari Jarad Scott. Senter asing itu mencetak dobel-dobel 29 poin dan 20 rebound. Martez Harrison, garda asing anyar Hangtuah, membantunya dengan 11 poin. Abraham Wenas, garda lokal, menambahkan 11 poin juga. Namun, tambahan itu tidak cukup untuk menghentikan Irving dkk. yang tampil beringas di pertandingan ini.

Kendati begitu, kedua tim pada mulanya bertarung sengit. Mereka bisa imbang 18-18 di kuarter satu dengan pergantian keunggulan sebanyak 10 kali dan 6 kali imbang. Siliwangi saat itu mengandalkan Irving. Garda asing asal Amerika Serikat tersebut sudah mengumpulkan 14 poin. Sementara itu, Hangtuah punya trisula, seperti: Scott, Harrison, dan Wenas. Ketiga mencetak total 16 poin.

Pertandingan terus berlangsung ketat sampai setengah kuarter selanjutnya. Hangtuah sempat unggul 32-28 setelah Harrison melesakkan tripoin di sayap kanan. Namun, Siliwangi langsung membalasnya dengan mendulang sembilan poin beruntun di sisa waktu. Mereka bahkan bisa unggul 42-35 di kuarter itu berkat tembakan perimeter Kelly Purwanto di detik-detik akhir.

Setelah istirahat paruh pertama, Siliwangi kembali mempertahankan keunggulan dengan skor 63-58. Irving saat itu sudah mengumpulkan 35 poin. Akurasi tembakannya tinggi di angka 68,2 persen. Ia benar-benar sulit dihentikan sampai di kuarter tiga.

Di kuarter empat, Irving terus menebar ancaman. Namun, peran pemain lokal juga tidak bisa dinihilkan. Menurut Kepala Pelatih Paul Mario, pemainnya hari ini berhasil memaksimalkan peran mereka. Kevin dan Fadlan, misalnya, mampu menggantikan absennya Michael Vigilance Jr. yang cedera engkel. Keduanya bergantian menjaga Scott di bawah ring.

“Saya memberikan apresiasi untuk mereka,” kata Paul seusai pertandingan. “Kami kalah size, tapi mereka bisa bersaing merebut rebound meski pun tetap kecolongan banyak offensive rebound.”

Sementara itu, Kepala Pelatih Hangtuah, Andika Saupriadi, menampakkan kekecewaannya. Ia merasa pemainnya tampil beda dalam artian negatif hari ini. Mereka perlu evaluasi untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.

Di pertandingan berikutnya, Hangtuah akan melawan Prawira Bandung lusa. Sementara itu, Siliwangi sudah harus bermain lagi besok melawan Bank BPD DIY Bima Perkasa Yogyakarta. (GNP)

Foto: Hariyanto

Komentar