IBL

Pertukaran antara Phoenix Suns, Washington Wizards, dan Memphis Grizzlies beberapa waktu lalu menarik perhatian publik. Kegagalan mereka karena salah mengira pemain antara Dillon dan MarShon Brooks menjadi salah satu wacana unik yang kadung terjadi. Namun, Suns dan Wizards pada akhirnya tetap melakukan pertukaran tanpa kehadiran Grizzlies sebagai pihak ketiga. Suns mengirim Trevor Ariza ke Wizards, sementara tim asal Washington itu memberi Kelly Oubre Jr. dan Austin Rivers.

Kendati demikian, nasib Rivers di Arizona tampaknya berubah lebih cepat. Suns melepasnya meski beberapa waktu lalu dikabarkan membutuhkan seorang garda utama. Rivers bahkan belum sempat bermain satu pertandingan pun.

Kedua pihak setuju untuk berpisah karena merasa tidak cocok. Suns menilai Rivers akan lebih pas untuk tim yang lebih mapan daripada tim muda seperti mereka yang tengah kesulitan. Belakangan ini, Suns memang tengah tenggelam di dasar klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor 7-24.

Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, ketika melepas Rivers, Suns harus membayar sisa kontraknya selama satu tahun senilai AS$12,6 juta. Barulah setelah itu Sang Garda bisa resmi menjadi pemain bebas (free agent).

Dalam satu musim ini, Rivers sudah dua kali ditukar dari klub aslinya—Los ngeles Clippers. Ia ditukar dari sana ke Wizards, lalu mendarat di Suns. Maka dari itu, Clippers pun berhak mengontraknya lagi bila mereka membutuhkan Rivers. Namun, Wizards tidak bisa melakukan itu. Sebuah tim harus menuruti aturan jika ingin mengontrak bekas pemainnya lagi.

Di awal musim ini, Rivers bermain sebanyak 29 kali untuk Wizards. Ia mencetak rata-rata 7,2 poin, 2,4 rebound, dan 2 asis per pertandingan. Catatan itu hingga kini belum menarik perhatian tim mana pun. Rivers masih bebas di luar sana; menunggu tim yang dirasa tepat untuknya. (GNP)

Foto: NBA

Komentar