IBL

Gordon Hayward, forwarda Boston Celtics, akhirnya bisa merasakan pertandingan lagi setelah absen semusim pada 2017-2018. Saat itu, ia mengalami cedera engkel parah. Ia bahkan harus berjalan menggunakan kruk agar kakinya bisa menopang tubuhnya dengan benar. Namun, pada akhirnya, ia pun sembuh dan kembali pada 2018-2019 untuk membela Celtics di tiap pertandingan.

Sayangnya, Celtics di awal musim ini tidak sesuai prediksi para pandit. Mereka justru tampak kesulitan meski berhasil memulai musim dengan para penggawa yang kembali. Karena selain Hayward, garda utama Kyrie Irving juga sembuh dari cedera lututnya. Namun, mereka hanya merengkuh 8 kemenangan dari 14 pertandingan di 2018-2019. Keberadaan Hayward dan Irving tidak serta merta membuat mereka kuat.

Dengan kesulitan itu, Kepala Pelatih Brad Stevens dituntut untuk mengubah keadaan. Salah satunya dengan mengatur ulang susunan utama. Stevens lantas menawarkan Hayward untuk bermain dari bangku cadangan, terutama karena Sang Pemain tidak memberi dampak besar sebagai starter.

Hayward bermain sebanyak 13 kali musim ini (semuanya starter), tetapi hanya mencetak 10 poin, 5,4 rebound, dan 2,9 asis per pertandingan. Statistik itu turun drastis jika dibandingkan musim terakhirnya bersama Utah Jazz. Saat itu, Hayward bisa mencetak rata-rata 21,9 poin, 5,4 rebound, dan 3,5 asis.

Kendati harus bermain dari bangku cadangan, Hayward sendiri mengaku tidak masalah dengan hal itu. Apalagi Celtics juga memiliki talenta muda yang bisa menggantikannya, seperti Jayson Tatum dan Jaylen Brown. Tatum mencetak rata-rata 15,9 poin sementara Brown 11,8.

“Saya sendiri sudah senang bisa berada di lapangan—itu yang utama, dibanding apa pun,” kata Hayward, seperti dikutip Gary Washburn, Boston Globe, “dan kedua, saya akan melakukan apa pun untuk membantu tim memenangkan pertandingan. Saya sudah mengatakan itu sebelum musim ini dimulai. Semuanya terserah saya.”

Hayward rela bermain dari bangku cadangan karena ia memang merasa timnya sedang tidak baik-baik saja. Mereka perlu mencari solusi untuk bisa bangkit di sisa musim. Apalagi musim ini juga masih panjang. Mereka baru melakoni 14 pertandingan.

“Kami harus meretas sesuatu, karena dengan alasan apa pun, kami tidak bermain dengan kemampuan terbaik kami sekarang,” kata Hayward lagi.

Kendati demikian, perubahan susunan pemain utama itu belum juga terlaksana. Stevens masih memasang Hayward sebagai stater ketika Celtics menghadapi Chicago Bulls di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Rabu 14 November 2018 waktu setempat. Ia memasang Hayward karena Marcus Morris—yang menggantikannya di barisan utama ketika cedera—hari ini terserang sakit. Ada kemungkinan Stevens baru bisa mengganti starternya ketika Celtics menghadapi Toronto Raptors di akhir pekan. Itu pun jika Morris sudah sembuh atau ada pemain lain yang berpotensi menggantikan Hayward.      

Foto: NBA

Komentar