IBL

Houston Rockets melakukan perjalanan ke Denver untuk menghadapi Nuggets dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Rockets pun mencuri satu kemenangan dari Tuan Rumah dengan skor 109-99 di Pepsi Center, Denver, Colorado, Amerika Serikat, Selasa 13 November 2018 waktu setempat. James Harden, garda andalan Rockets bergelar pemain terbaik NBA 2017-2018, menjadi salah satu penyumbang poin terbaik hari ini.

James mencetak dobel-dobel 22 poin dan 11 asis. Ia memasukkan 43,7 persen tembakannya, tetapi hanya mencetak 2 dari 10 tripoin.

Sementara itu, senter Clint Capela menjadi pencetak angka terbanyak dengan 24 poin plus 9 rebound , 2 asis, dan 1 blok. Chris Paul lalu menambahkan 21 poin ketika James Ennis III dan P.J. Tucker masing-masing memberi 16 dan 12 poin. Eric Gordon, pemain cadangan, juga berkontribusi dengan 11 poin.

Di kubu lawan, Monte Morris menyumbang poin terbanyak dengan 19 poin. Duo garda starter Garry Harris dan Jamal Murray sama-sama mencetak 15 poin. Nikola Jokic (14) Paul Millsap (13) menambahkan dengan dobel digit poin.

Harden dkk. memenangkan pertandingan karena meroket di paruh kedua. Ia memang tidak bisa berbicara banyak ketika paruh pertama dan hanya mencetak tiga poin. Namun, Rockets nyatanya berhasil meninggalkan lawan di kuarter tiga setelah semua starternya mencetak dobel digit poin. Harden pun membara dengan mencetak 19 poin di paruh kedua.

Nuggets sebenarnya berhasil unggul lebih dulu dengan skor 30-27. Kedua tim bermain ketat karena tidak mengendurkan tekanan mereka. Akan tetapi, Rockets justru membunuh dirinya sendiri dengan tujuh kesalahan yang berujung serangan balik (turnover). Nuggets memanfaatkan itu untuk mendulang 10 poin sambil menahan Harden yang tidak mencetak satu pun poin.

Di kuarter dua, Rockets yang terkenal sebagai penahan tripoin nomor dua di liga ternyata tidak menunjukkan gelarnya. Nuggets memasukkan 6 dari 9 tripoin di awal kuarter dua. Harris malah sudah mencetak 3 dari 3 tripoinnya dalam 7 menit di pertandingan itu. Padahal dalam empat pertandingan sebelumnya, ia hanya mencetak total 4 dari 19.

Kendati demikian, Rockets ternyata bisa melangkah lebih jauh dengan mencetak dua poin lebih banyak di kuarter itu (27-25). Harden tetap minim poin (3) selama dua kuarter dan hanya memasukkan 1 dari 5 tembakan dengan 0 dari 3 tripoin. Rockets lantas bertumpu pada Paul yang memimpin pertandingan di paruh pertama. Garda utama Rockets tersebut mencetak 14 poin dengan akurasi 71,4 persen. Mereka pun terus membayangi lawan dengan hanya terpaut satu poin (54-55) sebelum jeda paruh pertama.

Setelah hanya mencetak tiga poin, Harden mengeluarkan kemampuan mencetak angkanya di kuarter tiga. Ia bahkan mencetak dobel-dobel 11 poin dan 10 asis.

Rockets terus melangkah, terutama karena pemain lain juga meningkatkan permainannya. Capela (18), Enis (14), dan Tucker (12) mulai menyentuh dobel digit poin di kuarter tiga. Itu berarti semua starter Rockets sudah mencetak dobel digit poin sekaligus membuat timnya menjauh 86-76.

Di kuarter empat, pertandingan semakin ketat. Kedua tim sama-sama mencetak 21 poin dengan sisa waktu 1,48 menit. Rockets di atas angin karena terus memimpin 109-97, tetapi Nuggets masih punya waktu di bawah satu menit untuk membalikkan keadaan. Keduanya lalu menambahkan masing-masing dua poin lagi dan Rockets berarti memenangkan pertandingan.

Rockets 109-99 Nuggets.

Klub asuhan Mike D’Antoni itu kini mengoleksi 6 kemenangan dan 7 kekalahan. Mereka akan bertanding lagi lusa dengan menghadapi Warriors. Sementara itu, Nuggets akan tetap di rumah untuk menyambut Atlanta Hawks di hari yang sama.   

Foto: NBA

Komentar