IBL

Siliwangi Bogor musim lalu akrab dengan kekalahan. Mereka tidak pernah meraih kemenangan di musim reguler IBL 2017-2018. Jelang musim 2018-2019 sejumlah perubahan dilakukan tim yang kini bermarkas di Bogor tersebut. Seperti membeli pemain termasuk Daniel Timothy Wenas. Perubahan itu mulai menunjukkan hasilnya. Hari ini, 17 Oktober, Siliwangi memetik kemenangan atas Satya Wacana Salatiga dengan skor 69-62, dalam lanjutan Turnamen Pra-Musim IBL. Daniel Wenas menjadi motor tim dengan mencetak dobel-dobel, 18 poin dan 13 rebound.

Ketajaman Daniel Wenas terlihat di babak pertama. Ia sudah mencetak 16 poin, termasuk 4 dari 4 percobaan tripoin. Para pemain menjalankan strategi dengan sangat baik untuk membuka ruang tembak bagi Daniel. Siliwangi berhasil unggul 13 poin (35-22) saat kuarter kedua usai.

"Pemain mengikuti rencana strategi yang sudah kami buat. Mereka juga disiplin menjaga pertahanan. Itu yang saya lihat dari permainan tim saya," kata Ali Budimansyah, kepala pelatih Siliwangi.

Namun di kuarter ketiga, pertahanan Siliwangi mulai goyah. Ini karena Satya Wacana berhasil menerapkan strategi full court press untuk menahan aliran bola. Hasilnya bagus, Satya Wacana memangkas ketertinggalan menjadi tiga poin (36-39) di lima menit babak ketiga. Sayangnya, Siliwangi mulai mendapatkan ritme permainannya kembali dan unggul 53-41 di akhir kuarter ketiga.

Satya Wacana kembali memanfaatkan kelemahan fisik Siliwangi untuk mencuri kesempatan mencetak poin. Selain itu, Andre Adrianno juga semakin tajam dalam melakukan eksekusi tembakan. Puncaknya di sisa satu menit pertandingan, tripoin Andre membawa Satya Wacana mengejar 62-64. Di saat-saat genting, justru David Nuban melakukan kesalahan sehingga membuat satu turn over. Siliwangi akhirnya bisa menambah dua poin sekaligus mengunci kemenangan atas Satya Wacana.

"Saya bersyukur bisa mengakhiri catatan buruk Siliwangi. Mudah-mudahan kemenangan ini bisa membawa kemenangan-kemenangan lain berikutnya. Tim kami punya potensi untuk bisa lebih baik," kata Daniel Wenas, garda baru Siliwangi.

Selain menyumbangkan poin terbanyak, Daniel juga menambahkan 13 rebound, 3 asis dan 1 steal. Sementara itu, Fadlan Minallah juga mencetak dobel-dobel dengan 12 poin dan 11 rebound. Muhammad Yugie yang muncul dari bangku cadangan menyumbang 17 poin. Sebaliknya, Andre Adrianno yang mencetak 29 poin, belum mampu membawa Satya Wacana menang.(*)

Foto: Hariyanto

Komentar