ABL

Rangkaian Indonesia Basketball League (IBL) akan segera dimulai. Minggu depan, tepatnya pada 14 hingga 21 Oktober 2018, IBL menggelar Turnamen Pra-Musim. 10 kontestan IBL sudah bersiap menurunkan pemain lokalnya. Beberapa nama pemain yang muncul dalam roster pemain juga cukup mengejutkan, seperti Andi "Batam" Poedjakesuma.

Turnamen Pra-Musim IBL 2018-2019 menggunakan sistem setengah kompetisi. 10 kontestan dibagi menjadi dua grup. Dari grup tersebut diambil dua tim terbaik untuk maju ke semifinal. Selanjutnya dua tim terbaik memperebutkan gelar juara. Menariknya, dalam turnamen ini semua tim menurunkan pemain lokal. Sebab pemain asing yang dipilih dalam Draft IBL minggu lalu belum datang.

"Turnamen ini merupakan kegiatan off-season yang dapat dijadikan pertandingan pemanasan sebagai persiapan untuk kompetisi IBL musim 2018-2019. Semua peserta IBL berpartisipasi dalam turnamen ini," kata Direktu IBL, Hasan Gozali.

Dari daftar nama pemain (roster) yang dirilis oleh IBL, beberapa tim tampak sudah melakukan perubahan. Ada beberapa pemain yang pindah dan kembali tampil setelah menghilang dari basket Indonesia.

Bima Perkasa Yogyakarta diperkuat ada nama R. Azzaryan Pradhitya, Airlangga Sabara dan Galank Gunawan. Kemudian di tim Bogor Siliwangi muncul nama Andy "Batam" Pedjakesuma, Daniel Timothy Wenas dan Andrey Rido Mahardika.

Di kubu Garuda Bandung ada nama Fendi Yudha Pratama yang sudah bergabung di Turnamen Ulang Tahun Pacific Caesar Surabaya. Sedangkan Hangtuah, NSH Jakarta dan Pacific Caesar Surabaya tidak mengubah susunan pemainnya. Namun Pacific Caesar kini kehilangan Nuke Tri Saputra yang memutuskan untuk berhenti berkarir di basket profesional.

Pelita Jaya memasukkan 13 nama pemain untuk Turnamen Pra-Musim. Dari daftar tersebut tidak ada nama baru, selain pemain ruki. Hal yang sama juga dilakukan oleh Juara IBL 2017-2018, Satria Muda Pertamina.

Satya Wacana juga tidak mengubah susunan pemainnya. Hanya ada tambahan pemain ruki saja. Sementara itu, Stapac Jakarta ada nama Kaleb Ramot Gemilang dan Yan Steven Pattikawa.

Berikut Roster Lengkap Turnamen Pra-Musim IBL 2018-2019:

Foto: Hariyanto

Komentar