IBL

Laga kedua sekaligus terakhir perebutan peringkat klasemen kategori putra digelar di Istora GBK, Jumat, 31 Agustus 2018. Filipina yang pada laga sebelumnya berhasil mengalahkan Jepang berhadapan dengan Suriah yang mengalahkan Indonesia. Filipina tampil dominan dan unggul sejak penguasaan bola pertama hingga memenangi pertandingan 109-55.

“Kami tak selalu memulai pertandingan dengan baik namun hari ini semuanya sempurna. Kami bermain solid dan ini adalah kemenangan yang bagus,” ujar John Paul Erram, senter Filipina, kepada Mainbasket.

Kemenangan ini membuat Filipina menempati peringkat lima klasemen akhir dan Suriah peringkat enam. Bagi Filipina, ini adalah hasil yang lebih baik dari pencapaian mereka edisi sebelumnya yang menempati peringkat tujuh.

Empat pemain Filipina mencetak angka dengan digit ganda. Jordan Clarkson memimpin daftar dengan 29 poin dan 6 asis. Christian Standhardinger mengemas dobel-dobel  27 poin dan 15 rebound. Pauliasi Taulava mencetak 11 poin sementara Stanley Pringle menambahkan 10 poin. Dari kubu Suriah, hanya Tarek Aljabi yang mampu mencetak dua digit angka dengan 23 poin dan 5 rebound.

Filipina langsung tancap gas di kuarter pertama dengan tembakan-tembakan akurasi tinggi dari Clarkson, Pringle, Pauliasi Taulava dan John Paul Erram. Keempatnya yang turun dari menit pertama menggempur pertahanan Suriah dengan layup, tembakan jarak menengah, dan tripoin. Lima menit pertama, Filipina unggul 23-7. Suriah berusaha mengejar melalui dua kali layup Anthouny Bakar yang langsung dibalas dengan cara serupa oleh Standhardinger. Filipina menutup kuarter pertama dengan keunggulan 22 poin, 38-16.

Filipina mencetak 10 poin dalam waktu tiga menit pertama kuarter dua salah duanya melalui layup Standhardinger. Saat laga tersisa lima menit, Filipina mulai turun dengan skuat paling produktif mereka. Clarkson, Paul John Dalistan, Raymond Almazan, dan Standhardinger. Semenit setelahnya, Clarkson berhasil membuat penonton bersorak setelah melakukan dunk dari umpan alley-oop yang diberikan Pringle. Filipina unggul 60-34 di paruh pertama.

Clarkson belum mengendur di kuarter tiga. Lima poin ia ciptakan  di dua menit pertama dan memberi satu asis kepada Maverick Ahanmisi. Keberadaan Clarkson, Pringle, dan Standhardinger di lapangan membuat Suriah tak pernah mendekat. Jarak justru semakin melebar dari waktu ke waktu. Layup dari James Yap membuat Filipina menutup kuarter tiga dengan keunggulan 91-44.

Kuarter keempat Filipina terus menjauh tak terkejar dan menutup pertandingan dengan kemenangan 109-55.

Foto: Ben Chandra

Komentar