IBL

Tim putri Cina sukses menutup babak penyisihan Grup Y (B) dengan tampil sebagai pemimpin klasemen. Dalam laga penyisihan terakhir, Cina menekuk Hong Kong 123-31, di Hall Basket GBK, 23 Agustus.

Performa Cina begitu dominan sampai-sampai 7 dari 12 pemain yang dibawa mencetak poin dengan digit ganda. Xu Han mencetak poin terbanyak sekaligus dobel-dobel dengan 26 poin dan 10 rebound. Yueru Li terbanyak kedua, juga dengan dobel-dobel, 18 poin dan 11 rebound. Dari Hong Kong, tidak ada satupun pemain dengan poin lebih dari tujuh. Ting Cheuk yang juga didapuk sebagai kapten tim Hong Kong mencetak 7 poin, 2 rebound dan 1 asis.

Cina agresif sejak kuarter pertama. Tim yang ditangani kepala pelatih Limin Xu ini melepaskan 7 kali tripoin, 2 di antaranya tepat sasaran. Hong Kong, walau kesulitan, mampu mencetak 12 poin. Cina sudah di depan dengan 31 poin.

Performa Hong Kong terus menurun di tiga kuarter berikutnya. Pada kuarter dua, Hong Kong hanya mencetak 10 angka, 5 angka di kuarter ketiga dan hanya 4 angka di kuarter penutup. Cina mampu mencetak rata-rata 30 poin di tiga kuarter selanjutnya.

Selain memastikan Cina sebagai pemuncak klasemen grup, hasil laga ini juga memastikan Hong Kong tak lolos ke babak delapan besar. Setelah melalui empat laga di babak penyisihan, Hong Kong tak pernah menang sama sekali.

Dalam skema babak delapan besar, Cina akan menghadapi posisi keempat dari Grup X (A). Posisi tersebut akan diperebutkan oleh Indonesia dan India hari ini, pukul 18.30.(*)

Foto: Mei Linda

Komentar