IBL

Gelaran Indonesian Basketball League (IBL) 3X3 yang dilangsungkan di tiga kota tak hanya diikuti oleh para pemain dan peserta IBL. Selain pertarungan para pemain IBL, turnamen ini juga menyajikan pertempuran dari para pemain non-IBL dan pemain-pemain berusia di bawah 18 tahun (U-18). Kedua kategori tersebut juga menyajikan dua nomor, putra dan putri.

Menelisik ke daftar peringkat pemain dalam negeri di FIBA 3X3, pemain IBL yang berada di peringkat teratas justru M.Reza Fahdani Guntara yang bertengger di peringkat ketiga. Dua nama teratas dalam daftar bahkan belum menicicipi persaingan liga profesional dan masih berstatus sebagai pemain antar kampus. Berikut daftar lima pemain non-IBL per 22 Juli 2018 yang menempati peringkat 10 besar Indonesia di FIBA 3X3 kategori putra.

1. Erick Jonathan Gosal

Baru menginjak usia 21 tahun, Erick sudah memiliki portofolio 3X3 yang mentereng. Ia sudah memainkan 72 laga 3X3 dengan perolehan poin 138.260. Angka tersebut membuat Erick menjadi peringkat pertama 3X3 Indonesia dan 714 secara keseluruhan FIBA. Performa alumnus Honda DBL All-Star 2014 ini juga membawanya melaju mulus dalam seleksi timnas 3X3 dan terpilih mewakili Indonesia di Asian Games, Agustus mendatang.

2. Rivaldo Tandra Pangesthio

Pemain yang akrab disapa Valdo ini justru sudah sangat identik dengan basket 3X3, khususnya di Indonesia. Pertama kali Valdo mencuri perhatian khalayak luas saat ia membela Indonesia di ajang FIBA 3X3 World Championsip 2016 yang digelar di Guangzhou, Cina. Pemain asal Pontianak ini menjadi yang termuda kala itu di antara Fandi Andika Ramadhani, Laurentius Steven Oei, dan Vinton Nolland Surawi. Kini ia menempati peringkat dua dengan poin Sama seperti Erick Gosal, Valdo juga terpilih mewakili Indonesia di Asian Games mendatang.

3. Nicky Ramandaru

Dengan 89.700 poin, Nicky Ramandaru menempati peringkat empat terbaik di Indonesia.  Pemain berusia 26 tahun ini telahm memainkan 67 laga dan menempati peringkat keenam di IBL 3X3 seri Malang lalu. Nicky juga sering terlihat bermian di beberapa turnamen 5X5 dengan membela BBM Viking Surabaya.

4. Nickolas Satria Ramandanu

Lanjut dua peringkat setelah Nicky, ada saudara kembarnya, Nicko Ramandaru. Dua kakak-beradik ini juga sering bermain dalam satu tim yang sama. Nicko menempati peringkat enam dengan 73.580 poin dari 37 laga yang ia mainkan. Bersama kembarannya, ia juga pernah mengikuti Penang Challenger di Malaysia.

5. Gregorius Jemmy

Jemmy menjadi pelengkap daftar lima pemain non-IBL yang menempati 10 besar FIBA dengan menempati peringkat tujuh. Uniknya, Jemmy juga menjadi yang termuda dengan usianya yang baru 17 tahun. Di saat yang bersamaan, Jemmy menempati peringkat teratas untuk kategori putra U-18 dengan 64.120 poin. Salah satu prestasi terbaik Jemmy adalah menjadi juara kedua gelaran Loop 3X3 National Camp, Januari lalu.

Foto: Instagram, FIBA

 

Komentar