IBL

Jalanan pusat Kota Athena, Yunani, ditutup selama sehari penuh serta dipenuhi para pelari pada Sabtu, 7 Juli 2018. Hal itu terkait gelaran amal akbar “Antetokounbros 5K Run” yang digagas Nike. Seperti namanya, acara ini diramaikan oleh bintang Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo, beserta tiga saudaranya yaitu Thanasis, Kostas, dan Francis Antetokounmpo.

Rute lari dimulai dari gimnasium Triton distrik Sepolia. Tempat itu adalah lingkungan masa kecil sekaligus tempat pertama kali Giannis menekuni basket. Garis akhir berada di Stadion Kallimarmanon. Olimpiade modern pertama kali dihelat di stadion itu.

Setiap peserta harus membayar biaya pendaftaran sebesar €5 (sekitar Rp 84.000). Seluruh hasil uang pendaftaran kemudian diserahkan ke yayasan Ark of the World. Yayasan sosial ini bergerak untuk menjamin kesejahteraan serta menyediakan perlindungan bagi ibu dan anak kurang mampu. Selain acara amal, Nike juga ingin menggaet pasar basket Yunani. Di sana, basket jadi salah satu olahraga favorit sehingga Nike merasa perlu mengembangkan produk dan pemasaran di negara kawasan Eropa Selatan itu.

Giannis Antetokoumpo adalah bintang yang dianggap punya potensi besar seperti seniornya di Nike seperti LeBron James, Kevin Durant, dan Kyrie Irving. Dikenal dengan sebutan “Greek Freak”, Giannis dianggap memiliki modal berharga sebagai duta produk seperti fisik yang prima dan talenta basket yang mumpuni. Majalah Mainbasket pernah mengulas profil lengkap pebasket 24 tahun ini di edisi 63 (Desember 2017).

Di acara itu pula, Nike memperkenalkan sepatu lari terbaru mereka bernama Nike Zoom Pegasus 35. Sepatu itu berwarna putih-merah dan rencananya akan dipasarkan terlebih dahulu di pasar Eropa. Antetokounbro bersaudara kompak menggunakannya bersama.

Kini, Giannis Antetokounmpo selangkah lagi untuk mendapatkah sepatu khusus. Kabar itu telah ia sampaikan lewat cuitan Twitter pada 26 Juni 2018. Isi cuitan itu adalah permintaan tolong Giannis kepada para fans untuk membuatkannya desain sepatu. Ia juga sudah memikirkan nama yang tepat, yaitu Greek Freak. Kabarnya, Nike Greek Freak 1 akan dirilis bersamaan dengan jalannya musim 2018-2019.

Foto: Nike Basketball

Komentar