IBL

Piala Dunia Rusia 2018 tengah menggema seantero jagat. Ajang tersebut adalah ajang tertinggi kancah sepak bola tingkat negara. Setiap sisinya bisa jadi obrolan penggila olahraga itu. Di sisi lain, animo tersebut jadi inspirasi produk-produk kenamaan untuk membuat sepatu bertema sepak bola.

Sepatu kasual bertema sepak bola bukan hal asing bagi adidas. Sebut saja Gazelle, Samba, serta edisi klasik lain yang punya siluet menyerupai sepatu sepak bola era 1980-an. Kepopulerannya mengundang para pesaing untuk membuat sepatu bertema serupa. Perkembangan teknologi serta permintaan pasar membuat Nike ikut merilis sepatu bertema olahraga. Ranah ini jadi lahan basah bagi mereka mengingat animo masyarakat yang begitu luar biasa untuk sepak bola.

Adidas ACE 16+ UltraBOOST

Sepatu ini adalah bentuk kasual adidas ACE 16 Pure Control milik Juan Mata, Mesut Ozil, dan Paul Pogba di lapangan rumput. Setelah dianggap populer sebagai sepatu sepak bola, adidas kemudian merilisnya ke dalam bentuk kasual. Perubahan utama terletak pada sol yang menggunakan sol boost. Sementara di bagian atas (upper), adidas tidak banyak melakukan perubahan.

Adidas Nemeziz Tango

Roberto Firminho dari Liverpool dan Lionel Messi dari Barcelona adalah sosok ternama pengguna adidas Nemeziz Pure Agility di lapangan rumput. Lewat performa yang mereka di klub, adidas merasa perlu membuatnya untuk para penggemar. Alhasil, jadilah adidas Nemeziz Tango. Bahan atas sepatu ini terbuat dari primeknit karet yang rapat dengan kaki walau tidak ada tali. Kedua edisi adidas diatas memiliki bobot jauh lebih ringan dari sepatu kasual seperti Stan Smith atau Superstar.

Nike Footscape Magista

Secara sederhana, sepatu ini menggabungkan sol Air Footscape dengan bagian atas sepatu bola Nike Magista untuk merilis edisi kasual baru. Andres Iniesta dari Spanyol serta Kevin De Bruyne dari Belgia adalah pesepakbola yang menggunakannya di lapangan hijau. Tidak ada perbedaan dari segi bahan. Sebagai pembeda, Nike merilis warna yang lebih diminati pasar fesyen penikmat athleisure.

Neymar Jr. x Air Jordan 5 Low

Pada 2016, Neymar Jr. yang saat itu masih berstatus pemain Barcelona membuat pengumuman kolaborasi mengejutkan. Ia dihubungi Jordan untuk membuat sepatu kolaborasi lintas cabor. Alhasil, jadilah edisi terbatas ini. Walau pemain bola, Neymar mengoleksi sepatu Jordan. Hal itu ia buktikan saat membintangi program video dari Complex bertajuk Sneaker Shopping. Selang setahun, Nike membuat sepatu sepak bola khusus untuknya bernama Nike Hypervenom X Proximo dengan warna serupa.

Nike Air Max Plus “French Derby”

Persaingan Paris St. Germain dan Olimpique de Marseille di kancah liga utama Prancis selalu dinanti di sana. Keduanya telah bersaing sejak lama. Oleh karena itu, Nike merilis sepatu khusus untuk memperingati persaingan dua tim tersebut. Si Contreng menggunakan basis Nike Air Max Plus yang kemudian diwarnai menyerupai warna seragam kedua tim pada Februari 2018.

Air Jordan 5 Retro “PSG”

Edisi ini jadi yang teranyar karena rencananya akan dirilis pasca Piala Dunia Prancis 2018. Jordan menghadiahi PSG sebuah sepatu khusus merayakan Edinson Cavani dkk. menjuarai Liga Prancis dan Piala Prancis. Sepatu itu menampilkan detail terinspirasi dari Kota Paris dengan warna seragam kandang PSG sebagai warna utama.

Foto: Complex, Nike Football, adidas Football, Nike

Komentar