IBL

DeMarcus Cousins harus menutup musim lebih cepat akibat cedera Achilles di pertengahan musim 2017-2018. Namun, New Orleans Pelicans mampu bertahan sampai ke semifinal wilayah di NBA Playoff tanpa dirinya. Kini, di pengujung musim, beberapa pemain akan menghadapi masa bebas (free agency), termasuk Cousins.

Di masa-masa tersebut, pemain seperti Cousins bisa saja pergi meninggalkan klubnya dan pindah ke lain tempat. Rumor pun menyeruak ketika sang pemain tidak lagi mengikuti (unfollow) akun Instagram Pelicans. Orang-orang mulai berspekulasi tentang kepindahannya, tetapi tidak sedikit pula yang memintanya tetap bertahan. Bagaimanapun, Cousins telah dianggap menjadi bagian penting dengan mencatatkan sedikitnya 25,2 poin, 12,9 rebound, 5,4 asis, 1,6 steal, dan 1,6 blok per 48 pertandingan musim ini.

Dengan gelagat demikian, Cousins ternyata tetap membuka peluang untuk kembali ke Pelicans musim depan. Dalam sebuah wawancara bersama Marc J. Spears dari The Undefeated, ia mengungkapkan dirinya tengah mencari jalan keluar terbaik.

“Oh ya, tentu saja,” jawab Cousins ketika ditanya tentang peluangnya kembali ke Pelicans. “Ini pertama kalinya saya menghadapi masa bebas, tetapi saya sudah di sini sejak lama. Saya tahu cara kerjanya. Saya tidak mencoba menaruh dendam atau hal semacam itu di sini. Saya sedang mencari keputusan terbaik untuk saya, dan saya yakin tim pun melakukan hal yang sama.”

DeMarcus Cousins (kanan) bersama rekan duetnya di New Orleans Pelicans, Anthony Davis (kiri), terpilih sebagai pemain NBA All-Star 2018. Foto: NOLA

 

 

Selain itu, Cousins juga mengatakan, dirinya tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan di masa bebas ini. Ia mengaku belum bisa menjawab tentang pelabuhannya musim depan. Ia hanya membiarkan semua peluang terbuka dan menunggu pilihan terbaik yang bisa ia ambil.

“Saya tahu, faktanya rekan-rekan setim saya ingin saya kembali, tetapi ini bisnis. Manajemen akan mencari keputusan terbaik untuk tim ini. Kita akan lihat apa yang terjadi. Saya sejujurnya tidak bisa menjawab pertanyaan itu, saya belum bicara kepada manajemen, jadi kita lihat saja apa yang terjadi.”

Kini, di masa bebasnya, selain membuka peluang untuk pelabuhan berikutnya, ia juga tengah memulihkan diri dari cedera Achilles. Pada masa pemulihan itu, ia menjaga semangatnya tetap besar. Setidaknya, meski fisiknya sedang sakit, ia mempertahankan mentalnya untuk bisa kembali ke lapangan secepat yang ia bisa. Apalagi dengan berbagai dorongan yang membuatnya bertahan, seperti dukungan keluarga untuk membuatnya mau terus bersaing.

Foto: NBA

Komentar