IBL

Libur kompetisi dimanfaatkan oleh Satya Wacana untuk tetap berlatih sekaligus menguji kemampuan pemain-pemain barunya. Dalam laga uji coba yang berlangsung di Cirebon, Minggu malam, 13 Mei, Satya Wacana menang 68-63.

Laga uji coba ini merupakan gagasan dari Satya Wacana. Ada empat tim yang mengikuti pertandingan tersebut yaitu Fielders, tim PORDA Cirebon, NSH Jakarta dan Satya Wacana sendiri.

"Awalnya PORDA Cirebon sedang mencari lawan tanding. Kebetulan kami juga ke Cirebon untuk mengadakan basketball-clinic. Sebetulnya kami juga mengajak Siliwangi, BPJ, GSBC, tapi mereka tidak bisa ikut. Akhirnya, NSH dan Fielders yang bersedia," kata Zaqi Iskandar, Manajer Satya Wacana.

Khusus bagi tim Satya Wacana, manajemen ingin melihat sejauh mana pemain junior bisa beradaptasi dengan pemain senior. Ini dilakukan untuk menghadapi liga musim depan, sekaligus memilih pemain junior yang akan mereka tampilkan sebagai ruki di IBL.

Saat ini di Satya Wacana, Andre Adrianno dan Casiopeia Thomas Manuputty yang didapuk sebagai panutan. Mereka punya tugas berat untuk mendongkrak prestasi tim di IBL musim depan.

"Saat melawan NSH, anak-anak bermain bagus. Senior bisa membawa junior ke permainan mereka," imbuh Zaqi.

Banyak hal yang masih menjadi perhatian tim pelatih Satya Wacana. Seperti saat mereka kalah, 69-70, dari tim PORDA Cirebon. Zaqi melihat pemain terlalu banyak melantun bola sehingga semakin banyak kemungkinan melakukan turn over. Permainan Satya Wacana dinilai masih kurang efektif.

Beberapa bulan ke depan, Satya Wacana juga merencakan bertandang ke Yogyakarta. Mereka ingin beruji tanding dengan Bima Perkasa Yogyakarta. Kemudian, bulan Agustus nanti, Satya Wacana melakukan uji coba dengan tim-tim Jakarta.(*)

Foto: Ahmad Nuradin

Komentar