IBL

AEK Athens menjuarai Liga Champions Basket Eropa 2017-2018 setelah mengalahkan AS Monaco dengan skor 100-94, di Athena, 6 Mei 2018. AEK membalas kekalahan mereka musim 2016-2017, karena mereka dikalahkan AS Monaco di babak 16 besar.

Bermain di hadapan 18 ribu pendukungnya sendiri, serta semangat untuk balas dendam, membuat AEK tampil trengginas. Mereka berhasil memasukkan sembilan dari 17 tembakan tripoin. Selain itu mereka mencetak akurasi 32 dari 62 tembakan di dalam area lubang kunci.

Drama sempat terjadi di detik-detik akhir. Monaco mengandalkan penembak jitu D.J. Upaya untuk mencuri tembakan tiga angka. Pada saat ia menembak, ternyaa ada Delroy James yang bisa menghalaunya. James pun mendapatkan bola tersebut hingga pertandingan berakhir. Bintang AEK, Mike Green dinobatkan sebagai MVP Final setelah menghasilkan 19 poin selama tiga kuarter.

"Ini benar-benar musim yang luar biasa, dan kami benar-benar kecewa. Saya kecewa karena saya tahu kapasitas tim lawan. Ini bukan permainan terbaik kami. Kami membiarkan mereka bisa mencetak 29 poin di kuarter pertama. Itu adalah masalah yang besar, ketika terjadi di pertandingan final," kata Kepala Pelatih AS Monaco, Zvezdan Mitrovic.

Monaco memang patut kecewa. Sebab, musim lalu mereka gagal ke final. Tapi berhasil merebut tempat ketiga setelah menang 91-77. Di musim ini, mereka memperbaiki prestasi dengan melaju ke babak final. Sayangnya, di partai puncak, Monaco dikalahkan AEK Athens.

"Semua pemain bekerja untuk hasil yang bagus serta piala juara ini. Tetapi tidak ada yang lebih menggembirakan selain perkembangan tim yang kami bangun ini. Akhirnya kami bisa mencetak sejarah dan kami ingin bisa menang setiap tahun," komentar Dragan Sokata, Kepala Pelatih AEK.

Basketball Champions League merupakan liga yang lahir dari kerjasama FIBA dan 10 Liga Negara Eropa. Mereka adalah Belgia, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Yunani, Israel, Italia, Lithuania, Polandia dan Turki. Liga ini pertama kali dimulai musim 2016-2017 lalu. Juara pada inaugural Basketball Champions League adalah tim asal Spanyol, Iberostar Tenerife.(*)

Foto: fiba.com

Komentar