IBL

Houston Rockets melakoni laga ketiga semifinal Wilayah Barat di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, Jumat malam, 4 Mei 2018 waktu setempat. Meski berstatus sebagai tamu dari Utah Jazz yang didukung oleh 18 ribu lebih pendukungnya di stadion, Rockets tampil sangat dominan dengan unggul 70-40 di paruh waktu pertama. keunggulan 30 poin tersebut tidak lagi mampu dikejar tuan rumah hingga akhir laga; Rockets menang 113-92.

James Harden kembali menjadi motor serangan tim dengan dobel-dobel 25 poin dan 12 rebound. Chris Paul menyusul dengan 15 poin, 7 rebound, dan 6 asis sementara Trevor Ariza mencetak 11 poin. Clint Capela juga mencetak 11 poin yang diiringi dengan 8 rebound dan 4 blok. Eric Gordon menjadi ancaman dari bangku cadangan Rockets dengan mencetak 25 poin. Dari 12 pemain yang diturunkan Kepala Pelatih Mike D’Antoni pada laga ini, hanya Tarik Black yang gagal mencetak poin.

Jazz mengalami banyak kesulitan pada laga ini; terbukti dengan tidak ada satu pun pemain mereka yang mencetak poin lebih dari 17. Ruki (rookie), Royce O’Neale adalah pemain yang mencetak 17 angka tersebut. O’Neale yang didapuk sebagai pengganti Ricky Rubio yang cedera juga menambahkan lima rebound. Rudy Gobert hanya mampu mencetak 12 poin dan 9 rebound sementara Donovan Micthell hanya membukukan 10 poin. Nama yang terakhir disebut bahkan hanya memasukkan 4 dari 16 tembakannya pada laga ini. Joe Ingles yang menjadi top skor tim di laga sebelumnya hanya mencetak 6 poin dan 5 rebound pada laga ini. Alec Burks melengkapi barisan pemain yang mencetak dua digit angka dengan 14 poin dari bangku cadangan. 

Pertahanan Rockets menjadi kunci tersendiri mengapa Jazz tak berkutik pada laga ini. Rockets memaksa Jazz melakukan total 16 turnover pada laga ini dengan delapan di antaranya berasal dari steal yang dilakukan pemain Rockets. Sisi bawah ring yang biasanya menjadi alternatif serangan Jazz juga dikunci rapat oleh Rockets dengan total melakukan tujuh blok pada laga ini. 

Kemenangan ini membuat Rockets unggul 2-1 dalam sistem tujuh laga (best of seven). Laga keempat masih akan digelar di tempat yang sama lusa.

Foto: NBA

Komentar