IBL

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Basket Universitas Airlangga (Unair) Surabaya terus memberikan kontribusinya pada perkembangan basket Indonesia. Setelah aktif berpartisipasi di kegiatan-kegiatan berskala regional maupun nasional, kini saatnya mereka menjadi wadah untuk penggiat basket Tanah Air. Untuk pertama kali, UKM Bola Basket Unair menggelar kompetisi antar-SMA berskala nasional bertajuk “Xpander Airlangga Basketball Competition 2018”.

Xpander Airlangga Basketball Competition 2018 berlangsung sejak 26 April hingga 3 Mei 2018 di GOR Kampus C Unair, Surabaya, Jawa Timur. Namun, pesertanya tidak hanya berasal dari sekolah-sekolah di Surabaya. Para peserta justru datang dari 24 sekolah di 11 kota dan 7 provinsi seluruh Indonesia, seperti: Surabaya, Yogyakarta, Solo, Jakarta, Banjarmasin, dan lain-lain. 

Menurut Muhammad Hidayatullah Al Muslim, ketua pelaksana Xpander Airlangga Basketball Competition, Unair mengadakan kompetisi berskala nasional ini dengan tujuan mengenalkan kampus ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga diharapakan bisa menarik minat dan bakat siswa-siswa SMA di seluruh Indonesia di bidang olahraga basket. Oleh karena itu, Unair pun mendukung penuh kegiatan ini.

Goal-nya nanti yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi basket Universitas Airlangga,” ujar Dayat, sapaan akrabnya, karena melalui kompetisi ini Unair juga bisa menjaring bakat para pelajar-atlet.

Jika diurai, kompetisi ini diikuti 16 tim putra dan 12 tim putri. Dari dua kategori tersebut, masing-masing dibagi ke dalam empat grup di babak penyisihan. Kemudian, kompetisi menyaring peserta dengan mengambil masing-masing dua peringkat teratas di tiap grup untuk bertarung di fase gugur. Sementara itu, pertandingan final akan berlangsung pada 3 Mei 2018.

Foto: Dok. Xpander Airlangga Basketball Competition 2018

Komentar