IBL

San Miguel Alab Pilipinas selamat dari kekalahan. Tim asuhan Jimmy Alapag tersebut akhirnya menang atas Mono Vampire Basketball Club dengan skor 143-130, di laga pertama Final ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018, Minggu malam, 22 April. Renaldo Balkman dan Justin Brownlee menyelamatkan muka Alab karena tampil gemilang di babak overtime.

Tampil di Sta. Rosa Multi-Purpose Complex yang menjadi rumah Alab, tak membuat gentar pemain Mono. Justru mereka unggul lebih dulu, 32-26, di kuarter pertama. Alab berusaha mengejar dan akhirnya tembakan tripoin Bobby Ray Parks Jr., membuat Alab berbalik memimpin 59-58 di akhir kuarter kedua. Alab mendapatkan kesempatan untuk memenangi pertandingan di kuarter ketiga. Sebab, senter Mono, Sam Deguara harus ditarik keluar karena sudah melakukan empat kali pelanggaran. Tapi yang terjadi, justru pemain Mono lebih unggul dengan serangan cepat yang mengandalkan Jason Brickman dan Mike Singletary.

Di sisa 19 detik pertandingan tersebut, Mono memimpin empat poin 120-116 lewat tembakan bebas Singletary. Kemudian melalui skema serangan menawan, Lawrence Domingo mengirimkan asis untuk Brownlee yang bisa dimanfaatkan menjadi tembakan tripoin. Alab menyusul 119-120. Di 11 detik terakhir, Singletary mendapatkan hadiah tembakan bebas. Sayangnya ia hanya bisa memasukkan satu tembakan, 121-119. Dari sini, Balkman membuktikan kemampuannya. Ia mencuri bola dari Darongpan Apiromvilaichai kemudian mencetak dua poin melalui layup di tiga detik terakhir. Laga pun berlanjut ke babak tambahan.

Di babak overtime, Mono tak bisa lagi menghadang Balkman dan Brownlee, sebab Deguara sudah keluar karena foul-out di kuarter keempat. Brownlee menjadi pembunuh Mono di waktu tambahan. Ia mencetak 10 dari 22 poin untuk Alab. Sedangkan Mono hanya mampu menambahkan sembilan poin. Alab pun memastikan kemenangan di laga pertama Final ABL 2017-2018 yang menggunakan sistem best-of-five tersebut.

Brownlee mencetak 46 poin, 11 rebound dan sembilan asis, sementara Balkman selesai dengan 39 poin dan 15 rebound. Bobby Parks menambahkan 27 poin, lima rebound dan tiga steal. Kemudian Lawrence Domingo muncul dari bangku cadangan dengan sumbangan 14 poin.

Di kubu Mono, Mike Singletary mencetak 42 poin, sementara Paul Zamar menambahkan 25 poin. Senter keturunan Malta-Italia, Sam Deguara menghasilkan 21 poin, 11 rebound dan empat blok. Lalu Brickman mengisi lembar statistik dengan 15 poin, 14 asis, delapan rebound dan lima steal.

Kedua tim akan kembali bertemu pada Rabu, 25 April 2018. Alab Pilipinas akan kembali menjadi tuan rumah pertemuan kedua Final ABL musim ini.(*)

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar