IBL

Dua musim terakhir, tepatnya sejak IBL menggunakan sistem home and away di playoff, Pelita Jaya Basketball Club tidak pernah bermain di Jakarta. Mereka menggunakan C-Tra Arena Bandung sebagai rumah. Begitu juga saat Pelita Jaya menjamu Stapac Jakarta di Semifinal IBL, minggu lalu. Namun kali ini berbeda, Pelita Jaya akan kembali ke Jakarta di babak final melawan Satria Muda Pertamina Jakarta. Mereka akan menggunakan Hal A Basket, Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB), Kuningan, Jakarta Selatan, sebagai rumah (home court).

Pengumuman resmi Pelita Jaya tertuang dalam rilis media yang dikirim Rabu, 11 April 2018. Dalam rilis tersebut dijelaskan bahwa GMSB akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan kedua, 21 April 2018, dan laga ketiga, 22 April 2018, apabila diperlukan. Sementara itu, pertemuan pertama berlangsung di rumah Satria Muda, Britama Arena, pada 19 April 2018.

GMSB termasuk dalam 10 gelanggang olahraga yang direnovasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai persiapan Asian Games 2018. Dari jumlah tersebut, enam untuk voli dan empat untuk cabang olahraga basket. Kabarnya revitalisasi gelanggang olahraga ini rampung pada akhir bulan April 2018. Artinya, Pelita Jaya menjadi tim pertama yang akan menggunakan GMSB sebelum Asian Games dimulai.

Kapasitas maksimal GMSB yaitu dua ribu penonton. Jadi untuk mengantisipasi penonton yang ingin menyaksikan laga final, maka pihak Pelita Jaya sudah menyiapkan layar lebar di luar gedung.(*)

Foto: Hariyanto dan DBL Indonesia

Komentar