IBL

San Miguel Alab Pilipinas melanjutkan catatan positif di Playoff ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. Tim asuhan Jimmy Alapag tersebut mengalahkan juara bertahan Hong Kong Eastern pada laga pertama Semifinal ABL dengan skor 98-94, di Southorn Stadium, Rabu, 11 April. Renaldo Balkman menjadi aktor kemenangan Alab dengan mencetak 46 poin.

Balkman mencatatkan akurasi tembakan sebesar 66 persen (18-27). Ia juga menambahkan 14 rebound dan empat asis. Rekor 46 poin dari Balkman sekaligus mematahkan rekor 45 poin dalam satu laga yang dicetak oleh rekan satu timnya, Justin Brownlee. Di pertandingan ini Brownlee hampir mencetak dobel-dobel dengan 16 poin, 12 rebound dan sembilan asis. Kapten Tim Alab, Bobby Ray Parks juga tampil menawan dengan sumbangan 23 poin dan 10 asis.

HK Eastern mengejutkan Alab dengan memimpin 20-6 di awal kuarter pertama. Mereka menutup kuarter tersebut dengan keunggulan 25-14. Ternyata, HK Eastern melemah di kuarter kedua dan ketiga. Alab pun memimpin 75-62 di akhir kuarter ketiga.

Ketegangan terjadi di menit-menit akhir kuarter keempat. Di bawah dua menit, Tyler Lamb memasukkan tembakan tripoin. Selang beberapa detik, Lee Ki mampu mencetak tembakan tripoin dan membuat skor sama kuat, 94-94. Dua kali tripoin dari HK Eastern ini lantaran Balkman tidak mampu menguasai bola dengan baik, sehingga bisa dicuri oleh pemain HK Eastern.

Kemelut di bawah ring HK Eastern di sisa 37 detik memberikan keuntungan bagi Alab. Balkman mendapatkan dua tembakan bebas setelah dilanggar oleh Adam Xu. Skor berubah 96-94, untuk keunggulan Alab. Kemudian Kepala Pelatih HK Eastern membuat skenario tembakan tiga angka di sisa 16 detik. Sayangnya Tyler Lamb gagal memasukkan bola. Alab pun menutup laga dengan kemenangan 98-94 lewat tembakan bebas Justin Brownlee.

Kekalahan HK Eastern melengkapi kisah pilu malam ini. Sebagai unggulan teratas, tidak menjamin langkah mulus di babak semifinal. HK Eastern yang berpredikat sebagai runner-up klasemen dan Chong Son Kung Fu selaku pemimpin klasemen justru kalah di laga pertama semifinal.

HK Eastern akan bertandang ke Sta. Rosa Multi Purpose Complex untuk menjalani pertandingan kedua di babak semifinal melawan Alab. Laga ini akan berlangsung 15 April 2018 mendatang.(*)

Foto: ASEAN Basketball League

Komentar