IBL

Semifinal IBL 2017-2018 Divisi Merah menampilkan pertarungan Satria Muda Pertamina Jakarta dan BSB Hangtuah. Babak ini tetap menggunakan sistem best-of-three. Laga pertama akan berlangsung di Hi-Test Arena, Batam, 22 Maret mendatang sebagai rumah dari Hangtuah. Kepala pelatih kedua tim sama-sama menyiapkan mental bertanding untuk menghadapi laga tersebut.

Satria Muda diunggulkan untuk memenangkan pertandingan karena mereka berpredikat sebagai pemimpin klasemen Divisi Merah. Tiga pertemuan di musim reguler dengan Hangtuah bisa dimenangkan oleh Satria Muda. Berikut hasil tiga pertandingan Satria Muda Vs. Hangtuah;

Tapi bagi Satria Muda, hasil pertandingan di musim reguler bukan ukuran. Mereka melihat bahwa Hangtuah lebih berbahaya. Terutama melihat hasil playoff putaran pertama. Hangtuah berhasil menumbangkan Garuda Bandung dengan skor 2-1. Faktor mental bertanding menjadi sorotan utama bagi Kepala Pelatih Youbel Sondakh.

"Mental bertanding mereka bagus. Hangtuah bisa bermain lepas tanpa beban. Justru itu yang berbahaya. Kami harus waspada dengan hal tersebut," ucap Youbel. "Mental bertanding pemain kami juga harus dibenahi. Mereka tidak boleh di bawah tekanan. Ego pemain juga harus pas."

Dior Lowhorn dan Jamarr Andre Johnson menjadi pendulang poin terbanyak untuk Satria Muda. Sementara di semifinal nanti, Arki Dikania Wisnu siap berlaga. Di musim reguler, Arki hanya bermain delapan dari 17 pertandingan. Ini karena kondisi fisiknya yang belum pulih sepenuhnya dari cedera bahu dan telapak kaki. Tapi menurut Youbel, Arki akan diturunkan penuh di semifinal.

Di kubu Hangtuah, mereka mengaku sudah siap menghadapi gempuran Satria Muda. Kepala Pelatih Andika Saputra tetap memberikan suntikan motivasi kepada pemain-pemain muda.

"Saya memberi motivasi kepada pemain supaya bisa lebih baik dan meyakinkan mereka untuk bermain lepas tanpa ada tekanan. Saya banyak berbicara ke pemain dari sisi mental, karena pemain saya rata-rata masih berusia muda," kata Andika.

Soal calon lawan, Andika menyatakan bahwa Satria Muda tim besar. Selain itu, mereka juga kaya pengalaman dan beberapa pemain berlabel tim nasional. Tapi Hangtuah sudah melakukan latihan keras pascamenang dari Garuda dua pekan lalu.

Dari catatan statistik, akurasi tembakan field goals Hangtuah di playoff tidak berubah dari musim reguler. Namun persentase tembakan bebas Hangtuah naik menjadi dari 59 persen menjadi 68 persen. Sementara tim ini tetap menjaga catatan steal dari musim reguler hingga playoff di kisaran 9,0 steal per pertandingan.

Berikut statistik kedua tim selama musim reguler 2017-2018;

Hangtuah mendapatkan satu kali kesempatan menjadi tuan rumah semifinal. Selanjutnya, pertemuan kedua akan berlangsung di rumah Satria Muda, Britama Arena Jakarta pada 24 Maret mendatang. Ketika terjadi kedudukan sama kuat, maka pertandikan ketiga akan berlangsung di tempat yang sama pada 25 Maret 2018. (*)

Foto: Hariyanto

Komentar