IBL

BSB Hangtuah akhirnya berhasil menembus semifinal Indonesian Basketball League (IBL) 2017-2018. Hasil itu mereka dapat setelah mengalahkan Garuda Bandung 2-1 dalam playoff ronde pertama di C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat. Hangtuah malam ini memenangkan laga penentuan dengan skor 64-59 pada Senin, 5 Maret 2018.

Nahshon George, center asing Hangtuah, menjadi penampil terbaik hari ini. Ia bahkan mencetak dobel-dobel fantastis dengan total 30 poin dan 21 rebound. Ia dapat memperoleh itu dengan memanfaatkan absennya Roderick Flemings, forward Garuda, yang mengalami cedera lutut dari pertandingan sebelumnya. Sementara itu, Keenan Palmore, pemain asing Hangtuah lainnya, memberi 27 poin.

Hangtuah sebenarnya tampil buruk di awal laga. Mereka tertinggal 3-18 meski Garuda tampil pincang. Persentase field goal Hangtuah bahkan hanya 6,3 persen. Namun, Kepala Pelatih Andika Saputra menekankan kepada anak-anak asuhnya untuk bangkit.

“Saya hanya memotiviasi mereka supaya bisa bangkit di kuarter selanjutnya,” ujar Andika seusai laga.

Upaya Sang Pelatih tampaknya berhasil. Di kuarter berikutnya, Hangtuah bisa bermain lebih baik. Mereka cenderung bertumpu pada kedua pemain asing, George dan Palmore berhasil merangsek masuk ke pertahanan lawan.

Sementara itu, Andre Yuwadi, kepala pelatih Garuda, mengakui timnya kesulitan tanpa Flemings. Akan tetapi, pemain lainnya sudah berusaha untuk menutupi kekurangan tim ini. Menurutnya, anak-anak asuhnya sudah bermain baik di awal kuarter, tetapi kehilangan momentum di kuarter dua dan tiga sehingga mereka kesulitan di akhir.

Tanpa Flemings, Gary Jacobs Jr. menjadi pemain asing satu-satunya. Ia mencetak 24 poin di pertandingan ini. Luke Martinus, center, memberi 11 poin untuk membantu Garuda mengambil kesemaptan ke semifinal, tapi itu saja tidak cukup membuatnya menang. Duo asing Hangtuah ternyata benar-benar menyulit dan akhirnya menghancurkan mereka.

Dengan demikian, Hangtuahlah yang lebih berhak ke semifinal. Dalam tiga episode IBL, ini pertama kalinya mereka menembus empat besar. Nantinya Hangtuah bakal bertemu dengan Satria Muda Pertamina Jakarta.

Foto: Hari Purwanto

Komentar