IBL

Ada banyak cara untuk mendukung industri kreatif dalam negeri. Cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan membelinya. Hal tersebut ditunjukkan Presiden Joko Widodo kemarin. Pada 3 Maret 2018, orang nomor satu di Indonesia ini membeli sepatu buatan anak muda Kota Bandung bernama Saint Barkley.

Presiden Joko Widodo melakukannya ketika menghadiri acara Jakarta Sneaker Day yang dihelat pada 1-3 Maret 2018 di Jakarta. Presiden yang akrab disapa Jokowi ini tak sendiri. Ia ditemani Gibran Rakabuming Raka, putra sulungnya, menantu, cucu, Kepala Staf Kepresidenan, dan Panglima TNI Jenderal (Purn.) Moeldoko. Sontak, kehadiran Jokowi mengagetkan para pengunjung yang mayoritas adalah anak muda.

Ami Muhammad (kiri) berfoto dengan Jokowi (tengah) setelah membeli sepatu Saint Barkley. Jokowi didampingi Panglima Jenderal (Purn) Moeldoko (baju merah) dan Gibran Rakabuming (kanan).

 

Mantan gubernur DKI Jakarta ini sempat berkeliling untuk melihat-lihat produk yang dijajakan. Setelah beberapa saat, ia pun akhirnya berhenti di gerai sepatu asal Bandung, Saint Barkley. Ami Muhammad selaku pemilik Saint Barkley membenarkan hal tersebut. “Kami (Ami dan Jokowi) sempat berbincang-bincang tentang Saint Barkley. Arti mereknya, dari mana asalnya, omzet per bulan, dan lainnya. Setelah ngobrol itu, beliau memutuskan untuk membeli salah satu produk kami,” ujar Ami kepada Tribun.

Jokowi memutuskan membeli Saint Barkley Coatbridge Dark Green seharga Rp342 ribu. “Ini saya lihat harganya kompetitif karena tadi ada yang Rp10 juta, Rp5 juta dan Rp1 juta. Artinya, harga produk Indonesia kompetitif (dibandingkan produk luar negeri)," tutur Jokowi.

Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi ketika mengunjungi stan komunitas Vanshead Indonesia.

 

Harga yang ditawarkan produk dalam negeri juga jauh lebih terjangkau dari produk luar negeri. Sayangnya, justru ada golongan anak muda yang tetap bangga menggunakan produk luar negeri. Ironisnya, mereka yang tak punya cukup dana justru membeli produk luar negeri yang palsu.

Cara Jokowi ini tentu jadi cara unik dalam mempromosikan produk dalam negeri. Tak hanya momen ini, Jokowi juga kerap kali membeli produk-produk buatan rakyat Indonesia. Bila sekelas Presiden saja bangga dengan produk dalam negeri, mengapa kita selalu meninggikan gengsi hanya pada produk luar negeri?

Sumber Foto: Arsip situs resmi Presiden Republik Indonesia, Instagram @JakartaSneakerDay dan @SaintBarkley

Komentar