IBL

University of Kansas yang lebih akrab dengan sebutan Kansas Jayhawks baru saja mencatatkan rekor baru di National Collegiate Athletic Association (NCAA). Pada laga yang digelar Sabtu, 24 Februari 2018 waktu setempat di United Supermarkets Arena, Lubbock, Texas, Amerika Serikat, Jayhawks berhasil menang atas tuan rumah Texas Tech University dengan skor 74-72.

Kemenangan ini bukanlah kemenangan biasa bagi tim asuhan Bill Self. Kemenangan ini membuat Jayhawks mengunci gelar juara Big 12 Conference ke-14 mereka secara beruntun. Pencapaian ini membuat mereka akhirnya memecahkan rekor yang nyaris abadi milik University of California Los Angeles (UCLA) dengan 13 gelar juara wilayah secara beruntun pada kurun waktu 1967-1979.

Big 12 Conference adalah salah satu dari 32 pembagian wilayah yang dilakukan NCAA untuk divisi satu basket. Secara total ada 351 kampus di seluruh Amerika Serikat yang bermain di divisi ini.

Jayhawks memang sangat dominan di wilayah ini. Terhitung sejak ditangani Bill Self pada 2003, mereka baru kalah sebanyak 41 kali dari 236 laga hingga 24 Februari 2018 ini. Tim yang identik dengan warna biru dan merah ini bahkan hanya sekali gagal menempati peringkat satu Big 12 Conference. Mereka menempati posisi kedua pada musim pertama Self melatih tim ini.

Langkah tidak mudah harus ditempuh Jayhawks untuk meraih rekor ini. Meski tidak pernah tertinggal sepanjang laga melawan Texas Tech. Perolehan angka kedua tim sempat sangat dekat pada beberapa menit terakhir pertandingan. Dilansir kusports.com, total ada sembilan kali pergantian penguasaan bola dalam 152 detik terakhir pertandingan. Padahal, waktu menyerang yang diperbolehkan untuk level kampus adalah 30 detik per penguasaan bola. Itu berarti mereka bermain sangat cepat.

Kunci kemenangan Jayhawks adalah dua bintang mereka yang telah memasuki tahun terakhir di bangku kuliah, Svi Mykhailiuk dan Devonte Graham. Mykhailiuk mencetak 21 poin sementara Graham berhasil menambahkan 26 poin. Graham bahkan berhasil melakukan sebuah layup akrobatik yang sekaligus memastikan kemenangan Jayhawks saat laga menyisakan 32 detik.

“Saya kagum, benar-benar kagum. Saya turut bahagia atas kemenangan ini, kredit lebih untuk Graham dan Mykhailiuk yang telah membantu tim ini sepanjang musim khususnya pada pertandingan ini,” ungkap Self pada kusports.com.

“Ketika Anda butuh kemenangan di saat-saat genting, tentu penyerangan akan Anda percayakan pada pemain nomor 4 (Graham). Saya selalu melakukan itu sejak ia bermain di tim saya,” imbuh Self memuji Graham setinggi langit.

Foto: chicagotribune.com

Komentar