IBL

Dua tim teratas di klasemen ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018 bertemu tadi malam, Selasa, 13 Februari 2018. Hong Kong Eastern sebagai pimpinan klasemen, berhadapan dengan Chong Son Kung Fu yang ada di urutan kedua. Pertemuan pertama antara kedua tim terkuat ini dimenangkan oleh Eastern dengan skor 88-76.

Eastern menang karena mampu memanfaatkan keunggulan bigman. Ryan Moss menjadi menara tangguh yang sulit dilewati pemain Kung Fu. Ia mampu mencetak double-double, 15 poin dan 15 rebound. Tapi yang paling penting, Moss menghalau lima tembakan yang kebanyakan berasal dari penetrasi guard Kung Fu.

Christian Stanhardinger jadi bintang kemenangan Eastern. Pemain keturunan Filipina-Jerman tersebut mencetak 23 poin, 13 rebound dan tiga asis. Kung Fu sama sekali tidak bisa menghalau Standhardinger. Caelan Tiongson juga gagal menjaganya karena kalah ukuran. Standhardinger dan Moss membuat Eastern lebih unggul di bawah ring.

Kemenangan ini membuat Eastern semakin kokoh di puncak klasemen dengan 11 kali menang dari 13 laga. Sedangkan Kung Fu ada di bawahnya dengan rekor 9-3. Posisi Kung Fu pun terancam oleh San Miguel Alab Pilipinas.

Pada pertandingan yang berlangsung di Southorn Stadium itu, Eastern sebenarnya tampil kurang baik di babak pertama. Mereka hanya unggul dua poin, 39-37, saat babak pertama berakhir. Kemudian di kuarter ketiga, penampilan Eastern membaik. Mereka mencetak keunggulan 20-6 di lima menit pertama kuarter ketiga. Momentum tersebut yang membuat Eastern memimpin 16 poin, 59-43.

Pemain asing Kung Fu, Mikh McKinney dan Justin Howard berusaha mengejar ketertinggalan di enam menit sisa waktu pertandingan. Tapi mereka gagal menundukkan kuartet Easter yang perkasa, Stadhardinger, Marcus Elliot, Tyler Lamb dan Ryan Moss. Akhirnya, Kung Fu harus mengaku kalah di laga ini.

Guard Eastern, Marcus Elliot, hampir saja mencetak triple-double setelah menyelesaikan pertandingan dengan menyumbangkan 20 poin, 9 rebound dan 8 asis. Sedangkan Lamb mengumpulkan 16 poin, 9 rebound dan 6 asis. (*)

Foto: aseanbasketballleague.com

Komentar