IBL

Satu dekade berlalu sejak Paul Pierce, legenda NBA, mengangkat trofi juara bersama Boston Celtics. Pada 2008, ia berhasil mengangkat trofi itu sambil mengalirkan air matanya, bukan karena sedih melainkan bangga. Mau bagaimana lagi, itu gelar juara pertama dan satu-satunya yang pernah ia raih selama 19 musim berkarir di sana.

Sementara itu, rekan-rekannya seperti Kevin Garnett, Ray Allen, dan Rajon Rondo ramai mengelilinginya. Mereka juga tampak sedang bersuka cita. Celtics kala itu benar-benar merayakan waktunya sendiri di TD Garden, Boston, Massachusett, Amerika Serikat.

Kini waktu telah berlalu lama sekali. Para pemain—tepatnya bekas pemain, karena Pierce dan Garnett sudah pensiun sementara Rondo bermain untuk New Orleans Pelicans—kembali ke TD Garden untuk merayakan hal lain. Meski Allen tak tampak hadir di sana, mereka senang merayakan upacara pensiunnya nomor punggung 34 milik Pierce. Celtics mengangkat nomor itu ke langit-langit gelanggang untuk menghormati jasanya.

 

Upacara itu terjadi hari ini, Minggu malam, 11 Februari 2018 waktu setempat, ketika Celtics menghadapi Cleveland Cavaliers. Keluarga Pierce juga hadir di sana. Mereka menyaksikan nomor 34 naik ke langit-langit, bersanding dengan nomor legenda lainnya. Setelah itu, Pierce mengangkat trofi Larry O’Brien—sebutan trofi juara NBA—yang ia dapat pada 2008 di tengah-tengah penggemar. Para penggemar pun sontak bersorak dan melemparkan teriakan: Terima kasih, Paul Pierce!

“Ketika anda selamanya bersama Celtics, anda abadi,” ujar Pierce pada upacara itu, seperti dikutip ESPN.

Pierce merupakan pemain ke-22 yang nomornya dipensiunkan Celtics. Kini nomor 34 abadi di atas sana sebagai legenda yang diakui. Pierce tentu patut berbangga karena jasanya bakal dikenang selamanya. Doc River, kepala pelatih Los Angeles Clippers sekaligus bekas pelatih Celtics yang membawa tim itu juara pada 2008, sangat tahu hal tersebut.

“Di bola basket, saya rasa tidak ada tempat lain yang bisa anda pilih di mana anda ingin nomor anda pensiun. Jawabannya pasti bersama Boston,” ujar Rivers.

Secara total, Pierce berkarir di Celtics selama 15 tahun. Ia pertama kali bermain pada 1998, tetapi baru bisa mempersembahkan gelar juara 10 tahun kemudian. Saat final melawan Los Angeles Lakers pada 2008 itu, Pierce tidak hanya keluar sebagai juara, tetapi juga pemain terbaik di final. Jasanya begitu besar mengingat perjuangannya membawa gelar juara kembali ke TD Garden. Kini usaha itu sudah tergantung di langit-langit dalam bentuk nomor.   

Foto: The Boston Globe

Komentar