IBL

Kemeriahan NBA All-Star sudah mulai terasa. Sebagai salah satu rangkaian acaranya adalah Basketball Without Borders (BWB) Global Camp yang akan digelar pada 16-18 Februari, waktu Amerika Serikat, di Los Angeles Lakers practice facility.

Basketball Without Borders atau Bola Basket Tanpa Batas menjadi pengembangan basket internasional yang dirancang oleh NBA dan FIBA. Tujuannya untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas dan semua kalangan. Program ini dimulai sejak tahun 2001 dan sudah diikuti oleh 3.000 peserta dari 133 negara. Istimewanya, lebih dari 50 peserta alumni program tersebut direkrut oleh NBA.

BWB Camp pertama kali berlangsung di Eropa pada Juli 2001. Pemain NBA, Vlade Divac (Serbia) dan Toni Kukoc (Kroasia), bersama dengan beberapa pemain dari tim nasional Yugoslavia, berkumpul untuk melatih 50 anak dari Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Macedonia, Slovenia, dan Serbia dan Montenegro di La Ghirada, Italia. Hingga saat ini, tiap tahun NBA dan FIBA menyelenggarakan 52 BWB Camp di 32 kota, 27 negara, empat benua. Mereka mencari bakat-bakat basket berkualitas dan puncaknya dilatih di BWB Global Camp dalam rangkaian NBA All-Star.

Tahun ini, total ada 65 anak laki-laki dan perempuan dari 36 negara yang akan mengikuti BWB Global Camp di Los Angeles. Pelatihnya kali ini cukup istimewa. Mereka adalah bintang-bintang muda NBA, yaitu Al Horford (Boston Celtics, Dominican Republic), Goran Dragic (Miami Heat, Slovenia), Domantas Sabonis (Indiana Pacers, Lithuania), Timofey Mozgov (Brooklyn Nets, Russia) and Sam Dekker (LA Clippers, Amerika Serikat). Mereka akan melatih anak-anak seusia sekolah menengah atas dari benua Afrika, Amerika, Asia dan Eropa.

Berikut daftar Campers BWB Global Camp 2018;

Selain dilatih oleh bintang-bintang NBA, mereka juga akan ditangani oleh beberapa pelatih terkenal. Ada empat asisten pelatih tim NBA yang melatih, yaitu John Bryant (Philadelphia 76ers), Ed Pinckney (Minnesota Timberwolves), Jonah Herscu (Los Angeles Lakers) and Will Scott (Los Angeles Lakers). Lebih istimewa, mereka juga akan bertemu dengan P.J. Carlesimo, mantan kepala pelatih tim NBA yang juga asisten pelatih tim nasional Amerika pada Olimpiade 1992 atau yang kita kenal dengan "Dream Team".

Para pemain NBA dan sederet pelatih tersebut akan membimbing anak-anak untuk mengikuti kegiatan baik di dalam maupun di luar lapangan. Untuk program basket ada movement efficiency, positional skill development, shooting and skills competitions, 5-on-5 games. Sedangkan untuk program luar lapangan ada ketrampilan hidup sehari-hari, kesehatan, kepemimpinan dan komunikasi. Para peserta tidak boleh main-main dalam program ini, karena semua kegiatan ada penilaiannya. Dua orang campers putra dan putri akan dipilih sebagai MVP BWB Global Camp saat hari terakhir. (*)

Foto: espn.com, nba.com/pacers

Komentar