IBL

FIBA Women's Basketball World Cup adalah nama baru yang diperkenalkan federasi basket dunia untuk turnamen ini. Sebelumnya, pada tahun 1953 hingga 2014, kompetisi basket wanita terbesar di dunia tersebut bernama FIBA World Championship for Women. Ajang ini digelar setiap empat tahun sekali.

FIBA Women's Basketball World Cup pertama kali berlangsung di Chile tahun 1953. Saat itu, Amerika Serikat menjadi juara setelah mengalahkan tuan rumah, Chile, di babak final. Hingga gelaran ke-17, tim putri Amerika Serikat sudah menjadi juara sebanyak sembilan kali. Uni Soviet menjadi negara dengan gelar terbanyak kedua yaitu enam kali. Sedangkan Australia dan Brazil merasakan masing-masing satu kali menjadi juara.

Pentas dunia ini menjadi perdebatan pada tahun 1953 hingga 1983. Sebabnya, tahun penyelenggaraan selalu sama dengan Olimpiade. Akhirnya pada 1986, FIBA memulai babak baru dengan menyelenggarakan turnamen tersebut di tengah periode Olimpiade.

Pada gelaran terakhir, atau penyelenggaraan tahun 2014, Amerika Serikat berhasil merebut gelar juara. Lebih tepatnya mempertahankan gelar juara yang sudah mereka peroleh di tahun 2010. Maya Moore melengkapi gelar itu dengan menjadi Most Valuable Player. Ia rata-rata mencetak 15,0 poin per pertandingan di turnamen ini. Sedangkan di tempat kedua ada Spanyol dan Australia menyusul di peringkat ketiga.

Untuk edisi ke-18 tahun 2018, FIBA Women's Basketball World Cup akan berlangsung di Tenerife, pulau terbesar di Spanyol, pada 22 hingga 30 September 2018 mendatang. Sama seperti tahun sebelumnya, pesertanya adalah 16 tim dari empat wilayah FIBA yaitu Afrika, Amerika, Asia dan Eropa.

Babak kualifikasi sudah dilakukan di masing-masing wilayah. Berikut pembagian wilayah beserta tim yang berhasil lolos ke babak utama;

Amerika Serikat dan Spanyol otomatis lolos ke babak utama dengan predikat juara bertahan dan tuan rumah. Sedangkan 14 tim sisanya terpilih dari empat wilaya, dengan rincian sebagai berikut;

AFRIKA - FIBA Women's AfroBasket 2017 (18-27 Agustus) - Nigeria dan Senegal.
AMERIKA - FIBA Women's AmeriCup 2017 (6-13 Agustus) - Argentina, Kanada dan Puerto Rico.
ASIA - FIBA Women's Asia Cup 2017 (23-29 Juli) - Australia, Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan.
EROPA - FIBA EuroBasket Women 2017 (16-25 Juni) - Belgia, Perancis, Yunani, Latvia dan Turki.

Pengundian grup babak penyisihan untuk FIBA Women's Basketball World Cup 2018 dilakukan pada 6 Februari, di Teatro Leal, San Cristobal de la Laguna, Tenerife, Spanyol. Hasilnya, 16 tim terbagi menjadi empat grup. Berikut hasil pengundiannya;

Foto: fiba.com

Komentar