IBL

Jaylen Brown dinobatkan sebagai Most Valuable Players (MVP) untuk Final Wilayah Timur 2024. Brown berhasil mengantar Boston Celtics ke Final NBA keduanya kalinya dalam tiga musim terakhir. Penampilan Brown mendapat banyak pujian. Termasuk dari LeBron James.

LeBron memberi dukungan kepada Brown. “Lanjutkan penampilan hebat ini, Anak Muda! Respek,” tulis LeBron melalui laman X pribadinya.

Bukan sembarang dukungan. LeBron pernah berada dalam posisi Brown berkali-kali. Pencetak poin terbanyak NBA itu menghabiskan sebagian besar kariernya untuk bertarung di Wilayah Timur bersama Cleveland Cavaliers dan Miami Heat.

Penghargaan MVP Final Wilayah sendiri baru diadakan pada 2022. Masih tiga edisi. Dan Celtics memenangkan dua diantaranya. Yakni oleh Jayson Tatum pada tahun 2022. Tapi pada Final NBA 2022 itu, Celtics gagal juara usai kalah 4-2 dari Golden State Warriors. Tahun lalu MVP Wilayah Timur diraih oleh Jimmy Butler.

LeBron James sendiri mengarungi 19 kali babak playoff selama 21 musim. Ia berlaga di Final Wilayah 12 kali. Masing-masing dengan Cavaliers enam kali, Heat empat kali, dan Lakers dua kali. Dari 10 kali tampil di Final NBA, LeBron berhasil mengoleksi empat gelar: dua dengan Heat, satu dengan Cavaliers dan Lakers.

Sementara itu, Brown bermain luar biasa terutama di Gim 4. Pemain berusia 27 tahun itu memberikan asis untuk Derrick White yang berujung tripoin penentu kemenangan Celtics. Kemenangan itu memastikan Celtics melangkah mulus ke Final NBA 2024.

Brown bermain selama 44 menit di Gim 4. Ia memimpin Celtics dengan 29 poin, 6 rebound, 2 asis, dan 3 steal. Brown melesakkan setengah dari 22 tembakan. Termasuk 4 tripoin tepat sasaran.

Selama babak playoff 2024, Brown memiliki rata-rata 25 poin per gim. Dalam 14 gim tersebut, Brown juga mencetak rataan 6,1 rebound, 2,6 asis, dan 1,1 steal dengan waktu bermain 36,7 menit. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar