IBL

Saat Boston Celtics mengamankan tempat di Final NBA 2024, pemilik mayoritas Wyc Grousbeck mendedikasikan kemenangan tersebut untuk mendiang Bill Walton. Dia adalah legenda Celtics, dengan penghargaan SixthMan of the Year dan juara NBA tahun 1986 bersama tim tersebut.

Ini adalah hari yang penuh dengan emosi bagi Boston Celtics. Mereka punya alasan untuk tersenyum dan ada alasan untuk bersedih. Final Wilayah Timur telah berakhir, dan seperti yang diperkirakan, Boston Celtics berhasil menyapu bersih Indian Pacers, 4-0, untuk masuk ke Final NBA untuk kedua kalinya dalam dekade ini. Itu adalah alasan untuk berbahagia. Namun dengan meninggalnya legenda Celtics, Bill Walton, sulit bagi pemilik Wyc Grousbeck untuk merayakan kemenangan yang sangat pantas ini. 

Saat dia melakukan wawancara pasca pertandingan, gubernur Celtics merasa sulit untuk menyampaikan beberapa patah kata. Timnya yang dipimpin Jaylen Brown dari depan  memberikan penghormatan sempurna atas meninggalnya Bill Walton. 

"Yang bisa saya pikirkan saat ini adalah kita kehilangan Celtics yang hebat hari ini, Bill Walton. Salah satu Celtics terhebat sepanjang masa. Ini didedikasikan untuk Bill," setelah itu dia membiarkan emosinya mengalir.

Foto: Celtics Blog

Walton meninggalkan jejak besar di NBA. Menjadi juara NBA dua kali bersama Blazers dan Celtics, Walton dianggap sebagai salah satu center terhebat sepanjang masa. Ia hanya memainkan 468 pertandingan karena masalah kaki dan lutut, namun tetap memberikan pengaruh besar setiap kali menginjakkan kakinya di lapangan.

Ini bukan hanya hari yang emosional bagi  Grousbeck,  tetapi juga bagi seseorang dari tim Indiana Pacers. Tak lain adalah Rick Carlisle yang juga emosional saat wawancara sebelum pertandingan hari ini. Timnya tidak hanya kehilangan jalur ke Final NBA, tetapi dia juga kehilangan mantan rekan setimnya dan sahabatnya, Bill Walton. 

Carlisle dan Walton bermain bersama untuk Boston Celtics setelah Walton  direkrut  ke NBA pada tahun 1984. Keduanya bermain bersama pada tahun 1986,  tahun dimana Walton memenangkan gelar juara keduanya. (*)

Foto: Arab News

Komentar