IBL

Indiana Pacers berjuang keras untuk menjaga final Wilayah Timur tetap hidup dan memaksakan Gim  5 di Boston. Tetapi tembakan tiga angka dari Derrick White dengan sisa waktu 45 detik membawa Celtics meraih kemenangan 105-102 dan menyapu bersih empat gim, untuk kembali ke Final NBA. Ini adalah ketiga kalinya dalam seri ini Pacers kehilangan keunggulan di menit-menit akhir.

Pacers tidak pernah membuat keunggulan besar di Gim 4 seperti yang mereka lakukan di Gim 3. Tapi mereka menyulitkan Celtics sepanjang pertandingan. Di sisi lain, bintang-bintang Celtics datang dengan tembakan demi tembakan untuk mempertahankan jarak poin agar tidak terlalu lebar. Puncaknya, tembakan tiga angka White dengan sisa waktu 45 detik ternyata menjadi penentunya.

Pacers tidak terkalahkan di kandang sendiri sebelum seri ini. Mereka memimpin sepanjang sebagian besar pertandingan hingga menit-menit akhir. Saat itulah Celtics menyamakan kedudukan menjadi 102-102. 

Kemudian, dengan sisa waktu 45 detik dalam permainan, MVP Final Wilayah Timur Jaylen Brown mengoper bola kepada Derrick White, garda utama All-Defensive yang selalu memegang kendali dalam departemen tiga poin sepanjang musim dan playoff. Dia mencetak tripoint untuk memberi Celtics keunggulan yang tidak mereka lepaskan sampai laga usai.

Secara permainan, Jayson Tatum tampil luar biasa, mencatatkan dobel-dobel yang terdiri dari 26 poin dan 13 rebound, serta tambahan 8 asis. Tap Tatum memuji White dan tembakan tiga angkanya yang menjadi penentu hasil pertandingan.

"Saya tahu dia bisa. Kami merindukan tembakannya sepanjang malam. Ternyata dia melakukannya di saat-saat terakhir. Ini adalah tembakan yang besar," kata Tatum. 

White menyelesaikan permainan dengan 16 poin, yang merupakan rata-ratanya untuk seri tersebut. Dia juga mencatatkan 5 steal dan 3 blok, menjadi pemain pertama yang melakukannya dalam pertandingan Final Konferensi sejak Scottie Pippen.

Kepercayaan para pemain Celtics terhadap satu sama lain dan kemampuan mereka untuk melaju telah membawa mereka ke jalur yang mereka jalani saat ini. Dua tahun lalu, mereka berhasil lolos ke Final NBA, namun disingkirkan oleh Golden State Warriors dalam enam pertandingan. Jadi, Celtics berharap kali ini bisa menutup musim dengan hasil yang manis. (*)

Foto: Dylan Buell - WMUR

Komentar