IBL

Bintang muda San Antonio Spurs kelahiran Prancis, Victor Wembanyama menjadi pemain pertama dalam sejarah NBA sebagai pemain debutan (ruki) yang masuk tim utama All-Defensive. Liga mengumumkan tim tersebut pada hari Selasa (21/5) Waktu Amerika Serikat, dan Wembanyama muncul di 98 dari 99 surat suara.

Defensive Player of The Year 2024 Rudy Gobert dari Minnesota Timberwolves menjadi headline tim dan merupakan satu-satunya pilihan dengan suara bulat. Dia bergabung di tim utama yang berisi Wembanyama, Bam Adebayo dari Miami, Herb Jones dari New Orleans dan Anthony Davis dari Los Angeles Lakers.

Pilihan All-Defense tim kedua adalah Alex Caruso dari Chicago, Jalen Suggs dari Orlando, Jaden McDaniels dari Minnesota dan rekan setimnya di Boston Derrick White dan Jrue Holiday. 

Dengan tinggi resmi 2,24 meter, Wembanyama adalah pemain tertinggi ke-10 yang pernah bermain di NBA, dan pemain tertinggi saat ini. Yang tertinggi yang pernah ada adalah Ghoerge Muresan dan Manute Bol, yang keduanya memiliki tinggi 2,31 meter.

Wembanyama yang kini berusia 20 tahun dianggap sebagai salah satu talenta baru paling menarik selama bertahun-tahun ketika direkrut oleh Spurs tahun lalu. Dia menandatangani kontrak sebesar 86 juta dola Amerika selama tiga tahun  dan menjadi pemain NBA keenam yang dengan suara bulat terpilih sebagai Rookie of the Year awal bulan ini.

"Menjelang liga ini, tentu saja dia punya ekspektasi tinggi karena tinggi badannya 7 kaki 3 inci dan tembakannya sangat cepat. Saya pikir banyak orang yang lebih memperhatikan hal itu dibandingkan apa yang sebenarnya dia lakukan saat bertahan," kata Adebayo tentang Wembanyama. "Jadi, baginya untuk masuk tim utama, pertama kali datang, itu jelas merupakan penghargaan besar baginya."

Wembanyama kini menjadi pendatang baru keenam dalam sejarah NBA yang masuk Tim All-Defensive, dengan lima pemain lainnya mendapatkan penghargaan tim kedua (Second Team) di musim pertama mereka. Kelimanya adalah Tim Duncan dari San Antonio pada tahun 1998, David Robinson dari Spurs pada tahun 1990, Manute Bol dari Washington (1986), Hakeem Olajuwon dari Houston (1985) dan Kareem Abdul-Jabbar dari Milwaukee (1970).

Sementara itu, All-NBA First Team akan diumumkan pada hari Kamis, waktu Amerika Serikat. Jika Wembanyama masuk tim tersebut, maka dia akan menjadi ruki pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut sejak Duncan melakukannya 26 tahun lalu. (*)

Foto: Sporting News

Komentar