IBL

Indonesian Basketball League (IBL) Seri V Surabaya memasuki hari ketiga sekaligus terakhir hari ini, Minggu 21 Januari 2018. Pertandingan pertama mempertemukan Bank BPD DIY Bima Perkasa dengan Pelita Jaya Jakarta di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur. Pelita Jaya lantas keluar sebagai pemenang setelah mengakhiri pertandingan dengan skor 106-85.

C.J. Giles tampil perkasa dengan torehan 30 poin plus 15 rebound. Diikuti Respati Ragil Pamungkas yang tampil tajam dengan 19 poin dan 5 asis. Dari kubu Bima Perkasa, duo asing Anthony McDonald dan Emilio Park tampil kompak dengan masing-masing mencetak 30 dan 27 poin. Dari lokal, Bima Perkasa memiliki Alan As’adi yang mencetak 15 poin. Perolehan poin itu semuanya berasal dari tripoin.

Kuarter pertama berjalan dengan intensitas tinggi. Pelita Jaya berusaha mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka, sementara Bima Perkasa tak ingin menderita kekalahan kedua di seri ini. Dari Bima Perkasa, duo impor mereka McDonald dan Park tampil kompak dengan masing-masing mencetak 7 dan 6 poin. Sementara di kubu Pelita Jaya, Giles tampil dominan di kuarter ini, ia mencetak 8 poin dan 6 rebound setelah bermain penuh sepanjang kuarter. Pemain senior, Andrie Ekayana, tampil untuk pertama kalinya musim ini dan langsung berkontribusi melalui tripoin, sekaligus menutup kuarter satu dengan keunggulan Pelita Jaya 25-23.

Kuarter dua pertandingan masih berlangsung sengit. Pelita Jaya berusaha mengambil inisiatif serangan. Masih melalui Giles, Pelita Jaya berusaha mendominasi area kunci Bima Perkasa. Giles bahkan mencetak 6 poin dan 4 rebound hanya di kuarter ini, sekaligus melengkapi catatan double-doublenya dengan total 14 poin dan 10 rebound. Jarak menjauh menjadi 12 poin setelah Ragil mencetak tiga angka yang lalu dibalas dengan cara yang sama oleh McDonald. Kuarter kedua ditutup dengan kedudukan 44-34 untuk keunggulan Pelita Jaya.

Paruh kedua dibuka melalui kerjasama apik antara Wayne Bradford dan Giles yang. Giles lalu menyelesaikannya dengan sebuah layup mudah. Sekejap kemudian Alan membalas dengan sebuah tembakan tiga angka. Pemain Bima Perkasa pun belum mau berhenti di situ, Alan lagi-lagi mencetak dua tripoin dan membantu menipiskan ketinggalan menjadi 51-59.

Semenit berselang, Giles mengantongi pelanggaran keempatnya saat berusaha menghadang Park. Kepala pelatih Pelita Jaya, Johanis Winar, tak mau mengambil resiko dan langsung menarik keluar sang pemain. Akan tetapi, Valentino Wuwungan yang turun menggantikan Giles mampu bermain apik dengan mencetak 5 poin dan 2 rebound. Pelita Jaya masih unggul saat menutup kuarter tiga dengan skor 77-61.

Memasuki kuarter akhir, Bima Perkasa belum mau menyerah. Masih melalui duo asing mereka, pasukan asuhan Raoul Miguel ini tetap berusaha menempel angka Pelita Jaya. Akan tetapi, kembali dimasukannya Giles membuat selisih angka kedua tim tampak di situ-situ saja. Lima menit bermain, keunggulan masih untuk Pelita Jaya dengan 84-74. Rebound menjadi pembeda besar kedua tim, berulang kali pemain Pelita Jaya leluasa mendapatkan offensive rebound yang membuat mereka bisa mengatur serangan lagi. Pelita Jaya tak terkejar hingga menutup laga dengan 106-85.

Pelita Jaya masih mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka setelah melewati dua laga di seri V Surabaya ini. Sementara Bima Perkasa harus merasakan dua kekalahan dalam dua laga mereka di seri ini.

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar