IBL

NBA akhir pekan menyajikan laga antara Toronto Raptors dan San Antonio Spurs. Pada kesempatan itu, Raptors berhasil menang di kandang sendiri. Pasukan dinosaurus itu menerkam tim tamu dengan skor 86-83 di Air Canada Centre, Toronto, Ontario, Kanada, Sabtu 20 Januari 2018.

Duo guard Raptors, Kyle Lowry dan DeMar DeRozan tampil beringas di pertandingan hari ini. Keduanya menyumbang masing-masing 24 dan 21 poin. Sementara center Jonas Valanciunas mengoleksi double-double 15 poin dan 11 rebound.

Di sisi lain, Spurs mengandalkan permainan kolektif. LaMArcus Alridge mencetak 17 poin dan14 rebound ketika Pau Gasol memberi 15 poin dan 9 rebound. Pemain cadangan Patty Mill tidak ingin kalah dengan menyumbang 13 poin, sementara Dejounte Murray dan Bryn Forbes masing-masing 10. Sayangnya, perolehan kolektif mereka tidak berbuah kemenangan.

Kendati begitu, sebenarnya kedua tim bermain ketat. Di kuarter pertama, misalnya, mereka bermain cukup imbang. Pertahanan tuan rumah maupun tamu begitu rapat sehingga laga di awal itu tampak minim poin. Kedudukan sementara untuk keunggulan Spurs 18-17.

Di kuarter berikutnya, kedua tim tetap bermain ketat di separuh menit awal dengan barisan pemain pengganti. Kepala Pelatih Dwane Casey lalu memasukkan kembali duo Lowry-DeRozan untuk mengubrak-abrik pertahan lawan. Upaya itu pun menemui hasil lantaran Spurs di sisa menit itu tampak kewalahan. Tuan rumah unggul lagi setelah DeRozan memasukkan bola tepat ketika bel akhir berbunyi. Skor sementara 44-37.

Masuk ke kuarter tiga, Spurs berusaha memperbaiki penampilan meski bermain tanpa pilar mereka. Kawhi Leonard, Manu Ginobili, dan Rudy Gay masih harus menepi karena cedera. Oleh karena itu, Kepala Pelatih Gregg Popovich berusaha memaksimalkan pemain yang ada. Lagipula di barisan lima pertama mereka di laga ini masih ada pemain bintang seperti Pau Gasol, LaMarcus Alridge, dan Tony Parker.

Spurs pun mampu bersaing lagi di kuarter ini. Mereka mengumpulkan 23 poin, sementara Raptors hanya 19. Sayangnya, tuan rumah masih mampu menjaga asa sehingga Spurs tertinggal 60-63.

Kuarter empat benar-benar menjadi babak penentu. Spurs tetap dengan permainan kolektif, sementara Raptors cenderung mengandalkan guard mereka. Kedua tim bermain ketat sehingga perolehan skor di kuarter itu imbang 23-23.

Puncak laga terjadi di sisa satu dua menit terakhir. Spurs tampak ingin menyusul, tetapi Raptors tak juga mau mengalah. Bryn Forbes lantas memasukkan tiga poin di sisa 05,5 detik, tetapi tim tamu masih tertinggal. Mereka tidakpunya cukup waktu untuk unggul, Raptors pun berhasil menang 86-83.

Dengan demikain, laga ini menjadi kemenangan kedua beruntun Raptors sejak dua hari lalu. Mereka akan melawat ke Minnesota guna menghadapi Timberwolves esok hari. Sementara itu, Spurs akan pulang untuk menjamu Indiana Pacers Senin, 22 Januari 2018.   

Foto: The Canadian Press

Komentar